5 Cara Cerdas agar Gaji Tidak Cepat Habis

Cara cerdas agar gaji tidak cepat habis - Anda pernah merasa uang anda habis begitu saja? Uang hasil kerja keras selama satu bulan habis tanpa anda sadari. Anda sudah mempergunakannya untuk ini dan itu tapi anda tidak menyadari hal itu. Ini sering terjadi dikalangan para pekerja.

Berbicara tentang gaji. Memang masa gajian adalah masa dimana suatu kebahagiaan datang untuk para pekerja. Bukan hanya para pekerja, keluarga dan teman-temannya pun terkadang ikut mendapatkan kebahagiaannya tersebut. Biasanya yang dilakukan setelah gajian adalah mentraktir makan teman-temannya dan sebagainya. Belum juga ke mall untuk berbelanja, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat gaji anda cepat habis. Tidak ada pertimbangan dan perhitungan terlebih dulu. Jadinya asal membelanjakan uang dan mengeluarkan uang seenaknya saja.

Sebenarnya untuk menghemat gaji tidaklah sulit. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan berbagai cara. Jika anda ingin gaji anda tidak cepat habis dan awet, lakukanlah lima cara cerdas berikut ini agar gaji anda tidak cepat habis:

5 Cara Cerdas agar Gaji Tidak Cepat Habis
Cara Cerdas agar Gaji Tidak Cepat Habis

1. Jangan boros

Siapa yang memiliki kebiasaan buruk ini? Ya, kebiasaan tidak bisa mengatur uang dengan baik dan boros. Ini adalah suatu kebiasaan yang tidak patut untuk dilakukan. Cobalah tinggalkan kebiasaan yang buruk ini sebelum membuat masa depan anda menjadi menyedihkan. Misalnya, anda sering atau hobi nongkrong di kafe, maka mulai sekarang kurangi nongkrong di kafe atau bisa diganti nongkrong ditempat lain yang tidak membuang banyak uang.

2. Disiplin atur uang

Sangat penting bagi anda untuk bisa mengatur keuangan. Baik itu pemasukan maupun pengeluaran harus ada catatan rinciannya. Misalnya, ada pemasukan sekian, maka aturlah untuk makan sekian persen, simpanan sekian persen, ditabung sekian persen, dan sebagainya. Ini ditujukan agar anda tidak sembarangan dalam mengatur keuangan. Sebab kalau sembarangan mengatur keuangan akan membuat keuangan anda hancur. Aturlah dengan baik pemasukan dan pengeluaran. Dan satu lagi, berbelanjalah barang yang anda butuhkan saja, jangan karena anda tertarik tapi tidak membutuhkan.

3. Hindari hutang

Memang berhutang itu tidak ada salahnya. Misal anda membutuhkan uang sekian, maka anda boleh hutang kalau benar-benar kepepet. Tapi ingat, hutang kalau benar-benar butuh. Jangan hutang untuk bersenang-senang. Kalau untuk modal malah itu bagus, tapi pertimbangkan kalau kemungkinan besar anda bisa balik modal. Yang paling penting adalah jangan menjadikan hutang sebagai suatu kebiasaan. Sebab akan selalu menumpuk dan menumpuk yang akan membuat hidup anda susah.

4. Punya rekening bank lain

Jika anda ingin membuat rekening bank, maka buatlah rekening alternatif juga. Anda memang membuat rekening yang bisa diakses lewat ATM. Namun anda juga dianjurkan untuk membuat rekening yang tidak bisa diakses menggunakan ATM. Ini ditujukan untuk menjaga tabungan anda tetap aman tidak diambil anda terus untuk belanja. Setiap kali anda menerima gaji, segera transferkan pada rekening alternatif anda agar tidak bisa diambil lagi lewat ATM. Sebab kalau hanya tabung yang ber-ATM akan membuat anda menjadi lebih boros.

5. Beli barang bekas

Jika anda ingin membeli suatu barang yang anda sukai, lebih baik belilah barang bekas jika itu memang masih bagus dan layak untuk dipakai. Selain harganya yang lebih murah, anda juga bisa lebih menghemat. Saat ini sudah banyak tempat yang menjual barang bekas namun barangnya memiliki kualitas yang masih bagus dan masih layak pakai. Yang perlu diingat, pilihlah barang yang benar-benar masih bagus, bisa digunakan, dan layak pakai.

Demikianlah informasi tentang 5 Cara Cerdas agar Gaji Tidak Cepat Habis. Lakukan tips diatas agar gaji anda tidak cepat habis. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef