4 Cara Cerdas Terbebas Dari Hutang

Cara Cerdas Terbebas Dari Hutang - Hutang merupakan salah satu masalah keuangan yang hampir dialami oleh semua orang dijaman sekarang ini. Hutang adalah yang sangat menakutkan, namun sangat sulit untuk dihindari, ya ketika berhutang mungkin orang akan bahagia karena mendapatkan dana segar, namun ketika waktu untuk mengembalikan hutang tiba, orang akan menjadi galau, cemas dan hidupun menjadi tidak tenang.

Dijaman sekarang ini hutang memang sudah menjadi hal yang lumprah, karena banyak sekali peruhaan seperti Bank atau koperasi yang menawarkan hutang dan pembelian kredit secara mudah dan terang-terangan sehingga membuat banyak orang tergoda untuk berhutang, terlebih dijaman saat ini, gaya hidup orang semakin konsumtif dan tidak seimbang dengan pendapatkan mereka.

Hutang memang selalu membuat kita hidup tidak tenang, terlebih dengan bunga hutang yang kian bertambah. Untuk itu kita harus menghindari hutang. Masalah atau penyebab utama dari hutang itu sendiri adalah gaya hidup. Untuk itu anda harus bisa merubah gaya hidup anda. Nah berbicara tentang hutang, kali ini kami akan memberikan beberapa tips cerdas agar anda terbebas dari masalah hutang. Berikut 4 Cara Cerdas Terbebas Dari Hutang.
4 Cara Cerdas Terbebas Dari Hutang
Cara Cerdas Terbebas Dari Hutang

1. Merubah pola hidup anda

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana masalah atau penyebab utama dari hutang adalah gaya hidup atau bola hidup. Dijaman super modern seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai kehilangan arah, mereka tidak mengenal dirinya sendiri, banyak orang yang meniru idola atau gaya hidup orang kaya sehingga mereka tidak menyadari akan kemampuan ekonomi mereka, sehingga hutang menjadi jalan satu-satunya untuk memenuhi gaya hidup tersebut. Dengan demikian, tentu jelas, anda harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Anda harus mendahului kebutuhan, dan keinginan bisa anda kesampingkan. Dengan demikian anda bisa merubah gaya hidup anda dan terbebas dari masalah hutang.

2. Hidup hemat

Jelas untuk bisa terbebas dari masalah hutang, kita harus hidup hemat. Untuk hidup hemat, anda harus mengurangi waktu untuk bersenang-senang seperti nongkrong, jalan-jalan shoping dan lain sebagainya. Nah jika perlu anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran anda seperti bekal untuk makan siang.

3. Tentukan deadline

Jika anda memang sudah terlanjur terjerat hutang, maka hal yang wajib anda lakukan atau anda pikirkan adalah menenukan deadline kapan anda harus melunasi hutang tersebut. Tunda semua keingian anda untuk membeli sesuatu dan gunakan uang anda untuk melunasi hutang anda. Buat targer dan tentukan berapa jumlah uang yang harus anda sisihkan untuk melunasi hutang anda tersebut.

4. Manfaatkan bonus

Cara terakhir yaitu dengan memanfaatkan bonus. Ketika anda mendapatkan bonus, jangan anda gunakan untuk bersenang-senang, namun anda gunakan untuk melunasi hutang anda. Ingat, ketika anda sudah terbebas dari hutang, hidup anda akan menjadi tenang dan damai.

Demikianlah informasi tentang Cara Cerdas Terbebas Dari Hutang. Bagaimana mudah sekali bukan untuk bisa terbebas dari masalah hutang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef