Gejala Anemia Selain Pusing yang Wajib Kita Ketahui

Gejala anemia selain pusing yang wajib kita ketahui - Susah tidur atau yang bisa disebut dengan anemia memang sangat mengganggu kehidupan dimalam hari. Ketika waktu istirahat tidur malam tiba, ingin tidur tidak bisa, bahkan dipaksakan pun tetap tidak bisa tidur. Inilah resiko yang harus dirasakan penderita anemia.

Anemia biasanya disebabkan oleh banyak hal. Dan yang paling umum adalah karena pol hidup yang tidak teratur dan suka makan maupun minum sembarangan. Salah satunya adalah minum kopi atau minuman berkafein tinggi. Minuman jenis ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Sebab kandungan kafein pada kopi mampu membuat mata seseorang melek lebih lama.

Selain itu, ada juga penyebab lainnya yang patut diwaspadai. Biasanya ketika kita terserang anemia, kita akan merasakan gejala-gejala tertentu, salah satunya adalah pusing. Nah, selain pusing, berikut ini beberapa tanda anemia yang wajib anda ketahui:

Gejala Anemia Selain Pusing yang Wajib Kita Ketahui
Gejala Anemia Selain Pusing yang Wajib Kita Ketahui

1. Nyeri dada

Apakah anda sering merasa nyeri pada dada? Jika iya, inilah salah satu gejala akan terjadinya anemia pada diri anda. Tapi ingat, lihat gejala lainnya juga, sebab tidak bisa menentukan penyakit hanya berpegang pada satu gejala saja. Nyeri dada bisa saja sinyal jantung anda sedang bekerja ekstra keras karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh.

2. Jantung berdegup kencang

Jika anda merasa jantung anda sering berdegup kencang, bisa jadi itu adalah tanda dari anemia. Mungkin anda terserang anemia tanpa anda ketahui. Dan jantung anda yang berdegup kencang adalah salah satu tanda tidur anda selalu terganggu. Jantung yang berdegup ini kebanyakan mengalami tekanan akibat tidak cukup darah

3. Kulit pucat

Kulit yang pucat mungkin akan dikira sedang tidak enak badan yang disebabkan karena meriyang atau demam. Tapi tahukah anda kalau kulit yang pucat ini juga bisa jadi tanda anemia pada diri anda. Kulit yang pucat dan kusam bisa disebabkan karena kadar darah dalam tubuh tidak optimal. Dan inilah indikasi anda mengalami anemia.

4. Hamil

Mungkin poin nomor empat ini bukanlah gejala, tapi memang sudah direncana. Wanita yang hamil biasanya akan mengalami anemia lebih besar di awal kehamilan. Konsultasikan pada dokter untuk masalah ini yang menimpa anda.

5. Kadar hemoglobin rendah

Selalu rutinlah untuk mengecek kadar hemoglobin. Kalau rendah, kemungkinan besar anda mengalami anemia dan harus segera ditangani secepatnya. Jangan pernah ditunda, sebab bisa menyebabkan datangnya penyakit-penyakit lain.

6. Kuku getas atau rapuh

Silahkan cek kuku anda. Apakah getas atau rapuh? Jika memang kuku anda mengalami getas atau rapuh, konsultasilah kepada dokter terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta penanganan lebih lanjut.

7. Wasir

Wasir juga merupakan salah satu gejala anemia yang perlu untuk diwaspadai. Kalau anda mengalami wasir atau tukak lambung, maka sebaiknya segeralah hubungi dokter terdekat karena bisa jadi itu adalah gejala anemia akibat berkurangnya udara yang ada didalam tubuh anda. 

Demikianlah informasi tentang Gejala Anemia Selain Pusing yang Wajib Kita Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef