9 Penyebab Utama Minuman Bersoda dapat Memperpendek Usia

Penyebab minuman bersoda dapat memperpendek usia - Di zaman yang semakin maju ini, sudah banyak tercipta berbagai macam makanan dan minuman. Bentuknya yang unik, menarik, dan menggoda, dan rasanya yang membuat siapapun merasa ketagihan ketika mencicipinya.

Tahukah anda kalau tidak semua makanan dan minuman yang ada pada zaman sekarang itu menyehatkan. Bahkan bisa dibilang banyak yang tidak menyehatkan. Berbicara tentang minuman, ada banyak macam minuman yang mungkin sangat menggoda jika dilihat, dan membuat ketagihan ketika diminum. Salah satunya adalah soda. Mungkin soda bagi sebagian besar orang terasa manis, enak, dan terasa menarik di mulut. Ini yang membuat banyak orang menyukai minuman bersoda.

Tapi tahukah anda kalau minuman bersoda ternyata kurang baik untuk kesehatan dalam jangka panjang? Banyak resiko yang akan dihadapi oleh para penggemar minuman bersoda. Bahkan minuman yang satu ini juga dapat memperpendek usia. Apa benar? Nah, berikut ini sembilan penyebab utama minuman bersoda dapat memperpendek usia:
9 Penyebab Utama Minuman Bersoda dapat Memperpendek Usia
 Penyebab Utama Minuman Bersoda dapat Memperpendek Usia

1. Soda bisa membuat seseorang dehidrasi

Soda memang bukan termasuk dalam golongan kopi, tapi soda memiliki memiliki kandungan kafein yanb memiliki sifat diuretik, atau biasa dikenal dengan mudah menyebabkan dehidrasi pada seseorang yang meminumnya. Hal ini akan dirasakan ketika minum dalam takaran banyak dan selang beberapa saat.

2. Soda bisa membuat gemuk hingga mandul

Tahukah anda kalau soda ternyata bisa membuat tubuh anda menjadi gemuk? Bahkan kalau sampai mengkonsumsi berlebihan akan dapat menyebabkan terjadinya kemandulan. Soda kaleng mengandung BPA (Bisphenol A), yaitu bahan kima yang dapat beresiko meningkatkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit jantung hingga penyakit reproduksi.

3. Pewarna soda bisa menyebabkan kanker

Soda memiliki pewarna buatan makanan yang dapat berpotensi menimbulkan kanker. Bahkan berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa pewarna pada soda dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker hati, paru-paru, tiroid, dan leukimia setelah diujicoba pada tikus.

4. Soda bisa menurunkan fungsi ginjal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 11 tahun oleh Harvard Medical School, menemukan bahwa soda memiliki hubungan erat meningkatkan kerusakan ginjal hingga 2 kali lipat. Sebab itu anda harus mengurangi konsumsi soda, bahkan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya.

5. Soda bisa meningkatkan resiko diabetes

Sudah tidak diragukan lagi kalau soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Bahkan kandungan gula dalam soda mampu mengurangi kemampuan insulin tubuh dan meningkatkan resiko diabetes tipe 2 hingga 25%. Jika hal ini dibiarkan tentu akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

6. Soda membuat tubuh menjadi gemuk

Seperti yang tertulis pada poin 2, bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan kegemukan pada seseorang yang mengkonsumsinya secara berlebihan. Soda memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Jika kalori tersebut tidak dibakar langsung, maka secara perlahan akan membentu lemak dan membuat tubuh anda menjadi gemuk.

7. Soda mengandung asam yang merusak gigi

Mungkin pada awalnya memang soda memiliki rasa yang manis dan enak. Tapi soda ternyata juga akan membetuk asam di rongga mulut dan akan merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi anda menjadi rusak, berlubang, serta rapuh. Ya, tidak kuat jika harus makan makanan yang keras.

8. Soda menurunkan kadar mineral tubuh

Dalam soda terdapat kandungan asam fosfor yang melunturkan kalsium pada tulag. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Tufts University, menemukan bahwa wanita yang minum 3 hingga lebih gelas soda per hari dapat menyebabkan penurunan kalsium tulang pinggul wanita. Sehingga tulang menjadi mudah atau rentan retak.

9. Soda meningkatkan resiko asma

Bagi yang memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya hindari berbagai macam minuman bersoda. Sebab berdasarkan penelitian di Australia menunjukkan bahwa mengkonsumsi soda berlebihan dapat menyebabkan timbulnya asma dan gangguan pada pernafasan lainnya.

Demikianlah informasi tentang 9 Penyebab Utama Minuman Bersoda dapat Memperpendek Usia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef