5 Tips Mudah Agar Asam Lambung Tidak Kembali Naik

Tips mudah agar asam lambung tidak kembali naik - Asam lambung yang naik memang terkadang terasa sangat menyakitkan. Bahkan sampai tidak tertahankan. Hal yang akan dirasakan adalah rasa nyeri pada ulu hati.

Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung adalah sensasi nyeri atau rasa perih pada ulu hati akibat naiknya asam lambung ke tenggorokan. Jika anda mengalami rasa nyeri di ulu hati anda, maka bisa kemungkinan itu disebabkan karena GERD. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah asam lambung tersebut.

Jika anda merasa sering mengalami nyeri atau perih di ulu hati, berikut ini ada lima tips mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kenaikan asam lambung. Tips ini membantu anda untuk menstabilkan asam lambung.
5 Tips Mudah Agar Asam Lambung Tidak Kembali Naik
Tips Mudah Agar Asam Lambung Tidak Kembali Naik

1. Makanlah lebih sering, namun dalam porsi yang kecil

Makanlah dengan sering, tapi harus memperhatikan porsi makanan yang akan dimakan. Jangan terlalu banyak ataupun berlebihan. Lebih baik makan lebih sering tapi dalam porsi sedikit, daripada makannya jarang tapi sekali makan langsung banyak. Ini akan membuat asam lambung bermasalah. Dengan makan lebih sering dan dalam porsi kecil akan membuat asam lambung terus terisi tanpa memicu terjadinya pembesaran secara berlebihan pada waktu yang sama.

2. Hindari makanan ini

Hndarilah makanan yang berlemak, cokelat, alkohol, dan kopi. Sebab makanan dan minuman tersebut dapat melonggarkan sfingter esofagus. Sfingter adalah kutup yang membatasi esofagus dan lambung. Jika katup itu longgar, maka akan dengan mudah asam lambung naik ke esofagus. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati.

3. Jangan langsung tidur setelah makan

Setelah makan, jangan langsung tidur. Sebab, setelah makan produksi asam akan meningkat. Tidurlah dalam jeda waktu setidaknya tiga jam setelah makan. Selain itu, jangan tidur dalam posisi terlentang, sebab tidur dengan posisi seperti ini dapat memperlancar aliran asam lambung nak ke esofagus. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati.

4. Stop merokok

Seperti yang telah tertara pada bungkus rokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti jantung, paru-paru, gagal ginjal, gagal janin, dan sebagianya. Dan GERD pun termasuk penyakit yang juga disebabkan oleh rokok. Ketika menghirup asap rokok, ulu  hati ini akan terasa lebih sakit. Sebab kandungan nikotin pada rokok dapat melemaskan sfingter esofagus dan menyebabkan naiknya asam lambung.

5. Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur

Saat tidur, pastikan posisi tidur anda ditata dengan baik dan benar. Yaitu posisi kepala lebih tinggi dari pada badan. Sekitar 15 centimeter lebih tinggi dari badan, ini akan dapat memperlambat aliran asam lambung naik ke esofagus, sebab dibantu dengan gravitasi. 

Demikianlah informasi tentang 5 Tips Mudah Agar Asam Lambung Tidak Kembali Naik. Semoga informasi diaatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef