5 Kebiasaan Sepele yang dapat Merusak Gigi

Kebiasaan sepele yang dapat merusak gigi - Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang berperan sangat penting. Bukan hanya sebagai penghancur makanan saja. Bila dilihat lebih dalam lagi, gigi juga merupakan bagian tubuh yang membuat kita menjadi lebih cantik, mengesankan, dan makin kece. Apalagi kalau gigi itu terlihat bersih, putih, dan tidak berlubang. Pasti akan terlihat lebih menawan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan gigi yang seperti itu? Tentunya yang harus kita lakukan adalah selalu melakukan perawatan yang rutin setiap harinya. Rajin sikat gigi, dan juga rajin mengecek kesehatan gigi. Dan ingat, jangan melakukan kebiasaan sepele yang sebenarnya dapat merusak gigi. Sebab, biasanya banyak orang yang tidak tahu tentang hal sepele yang dilakukan. Kebiasaan yang dilakukan setiap hari ternyata merupakan kebiasaan tidak sehat dan dapat merusak gigi.

Kebiasaan seperti apa saja sih yang dapat merusak gigi? Ada banyak. Dan mungkin kebiasaan ini sudah sering dilakukan oleh anda atau kebanyakan orang. Berikut ini lima kebiasaan sepele yang dapat merusak gigi:
5 Kebiasaan Sepele yang dapat Merusak Gigi
Kebiasaan Sepele yang dapat Merusak Gigi

1. Mengunyah es batu

Memang yang namanya mengunyah es batu itu menyenangkan dan mengesankan. Tapi ada sisi bahaya pada kesehatan gigi jika hal itu terus dilakukan. Seringnya melakukan kebiasaan mengunyah gigi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Bukan hanya mengunyah es batu. Tapi meletakkan es batu pada minuman sirup, soda, es buah, atau sebagainya, juga membuat gigi rentan mengalami kerusakan.

2. Minuman berkafein

Mengkonsumsi minuman berkafein memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Khususnya bagi mereka yang sibuk bekerja dan bahkan sibuk begadang atau bekerja malam. Minuman seperti kopi dan teh mungkin akan selalu menjadi minuman wajib setiap harinya agar mata bisa melek. Sebenarnya jika minuman berkafein selalu dikonsumsi secara sering dapat menyebabkan gigi rentan rusak. Gigi bisa menjadi kuning, keropos, dan juga berlubang

3. Mengunyah permen

Mengunyah permen merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama pada usia anak-anak. Rasanya yang mani membuat banyak orang merasa nyaman, senang, dan ketagihan. Tahukah anda kalau ternyata kebiasaan mengemut atau mengunyah permen dapat menyebabkan kerusakan pada gigi? Mengunyah permen dengan sering akan dapat membuat kerusakan 50% lebih besar pada gigi.

4. Olahraga tanpa menggunakan pelindung gigi

Olahraga memang aktivitas yang menyehatkan tubuh. Bisa membuat tubuh menjadi sehat, bugar, dan mengesankan. Tapi, ketika melakukan olahraga, usahakan untuk selalu memakai plindung gigi. Para ahli mengungkapkan bahwa olahraga tidak memakai pelindung gigi dapat memungkinkan kerusakan pada gigi. Terlebih lagi jika olahraga yang dilakukan adalah olahraga berat seperti gulat, tinju, pencak silat, dan lain sebagainya.

5. Meyikat gigi dengan sikat berbulu keras

Menyikat gigi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan setiap harinya. Sebab dengan menyikat gigi bisa membuat gigi kita terjaga akan kesehatannya. Tapi ingat, gunakan sikat gigi yang berbulu halus atau lembut, jangan sikat gigi yang berbulu keras. Dan juga lakukan sikatan dengan arah yang benar. Jangan sampai menyikat gigi dengan cara yang salah dan sikat yang salah. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Demikianlah informasi tentang 5 Kebiasaan Sepele yang dapat Merusak Gigi. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan diatas untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef