5 Bahaya Terlalu Sering Mengunyah Es Batu

Bahaya Terlalu Sering mengunyah Es Batu - Es batu biasa digunakan sebagai pendingin minuman agar terasa lebih segar dan nikmat ketika di konsumsi di siang hari, terlebih dicuaca yang panas. Namun selain sebagai pendinginan minuman, ada juga beberapa orang yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu. Walaupun terdengar aneh, namun hal tersebut sering terjadi, terutama pada anak-anak.

Kebiasaan mengunyah es batu merupakan gangguan yang dikenal dengan sebutan pagophigia. Mengunyah es batu memang boleh-boleh saja, namun jika sering dilakukan atau bahka selalu hingga tanpa mengkonsumsi makanan lain seperti nasi, lauk-pauk dan lainnya, tentu hal ini dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Meskipun banyak yang beralasan menguyah es batu untuk mengusir rasa bosan, namun tetap saja hal itu dapat mengancam kesehatan tubuh.

Ada beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan menguyah es batu. Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang bahaya mengerikan dari kebiasaan menguyah es batu. Berikut Bahasa Terlalu Sering mengunyah Es Batu.
Bahasa Terlalu Sering mengunyah Es Batu
Bahasa Terlalu Sering mengunyah Es Batu

1. Merusak gigi

Hal mengerikan pertama dari kebiasan menguyah es batu adalah merusak gigi. Hal ini sudah bukan rahasia lagi, mengunyah es batu akan merusak email gigi sehingga akan menyebabkan masalah pada gigi seperti gigi sensitif, terasa ngilu, nyeri, rapuh, sakit gigi, gusi rusak hingga gigi keropos. Untuk itu baiknya anda hindari kebiasaan menguyah es batu.

2. Mual

Orang yang mengalami dehidrasi, biasanya memiliki keinginan minum minuman dingin bahkan menguyah es batu. Nah hal ini dapat menyebabkan rasa mual. Dan jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, akan sangat sulit untuk diatasi, Untuk itu jika anda mengalami hal demikian, baiknya anda berkonsultasi pada dokter terdekat.

3. Hilangnya selera makan

Orang yang memiliki kebiasaan menguyah es batu, terlebih dalam jumlah yang besar akan membuat orang tersebut kehilangan selera makan. Hal ini tentu dapat menyebabkan hal buruk bagi kesehatan tubuh. Orang akan mengalami kekurangan gizi dan nutrisi.

4. Tubuh menjadi lemah

Masih ada kaitannya dengan point sebelumnya, dimana orang yang memiliki kebiasaan menguyah es batu biasanya akan kehilangan selera makan, tentu hal ini akan membuat orang merasa lemak, dan lebih buruk lagi, orang tersebut akan kehilangan banyak berat badan.

5. Defesiensi zat besi

Hal buruk terakhir dari kebiasaan mengunyah es batu yaitu defesiensi zat besi. Pada beberapa kasusu, kekurangan zat besi membuat orang menguyah es batu. Jika hal tersebut terjadi, baiknya pastikan zat besi cukup untuk mengatasi hal tersebut.

Demikianlah informasi tentang Bahasa Terlalu Sering mengunyah Es Batu. Mengunyah es batu memang boleh-boleh saja, namun jika sering terjadi dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef