Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik

Tips ampuh atasi mabuk perjalanan saat mudik - Sebentar lagi lebaran ya, tak terasa puasa Ramadhan sebulan sudah hampir selesai. Berbicara tentang lebaran, tentu tidak ketinggalakn yang namanya mudik. Ya, mudik adalah rutinitas tahunan yang di jalani oleh sebagian orang yang bekerja di luar kota.

Berbicara tentang mudik. tentu ada banyak yang harus anda persiapkan. Dan tentunya itu semua adalah keperluan dan perlengkapan mudik. Mulai dari baju-baju hingga barang-barang yang paling penting. Memang yang namanya mudik itu repot, sudah membawa barang banyak, belum juga kena macet di jalan. Hmm, apalagi kalau anda sampai mabuk. Pasti suasana mudik menjadi kacau balau dan tidak menyenangkan.

Untuk menghindari mabuk pada saat anda mudik pulang kampung. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Ya, ada beberapa tips yang perlu anda coba. Berikut ini tips ampuh untuk atasi mabuk saat perjalanan mudik:

Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik
Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik

1. Minum obat anti mabuk

Sebelum anda melakukan perjalanan untuk mudik, sebaiknya anda melakukan persiapan fisik. Salah satunya yaitu dengan menyiapkan obat anti mabuk. Anda bisa meminumnya sebelum berangkat. Tapi ingat, pilih yang anti ngantuk. Jangan yang membuat anda ngantuk ketika meminumnya. Setelah anda meminum obat tersebut, barulah mulai melakukan perjalanan

2. Pilihan makanan

Hindari berbagai macam makanan berlemak, produk susu, atau jus yang terasa asam. Sangat dianjurkan mengkonsumsi teh hangat atau wedang jahe hangat agar perut tidak terasa mual. Jika tak sempat, anda bisa mengunyah permen jahe atau mint yang segar untuk menghilangkan rasa eneg.

3. Jangan membaca

Jika anda merasa mual atau pusing, jangan mengalihkannya dengan cara membaca di dalam kendaraan. Justru itu cara yang salah. Dengan membaca buku justru dapat membuat anda mudah mual. Anda bisa mendengarkan musik yang anda sukai dan lihatlah pemandangan sekitar yang menyegarkan saat perjalanan.

4. Posisi duduk

Jika anda naik kapal, pilihlah kabin paling tengah, agar anda terasa nyaman meski kapal tergoyang-goyang. Namun ada juga yang lebih baik melihat ke luar jendela agar terkena angin serta melihat pemandangan laut agar tidak merasa pusing. Itu bisa disesuaikan dengan yang anda inginkan. Posisi yang benar adalah menghadap ke depan. Sama halnya dengan mobil, duduklah dengan menghadap ke depan dan disamping jendela atau juga di samping supir paling depan agar bisa melihat pemandangan luar.

5. Sarapan

Sebelum anda melakukan perjalanan, pastikan anda sudah sarapan terlebih dahulu. Jangan biarkan perut anda kosong selama perjalanan berlangsung. Sebab kalau perut kosong, kondisi lambung akan memproduksi asam berlebihan. Hal inilah yang mempermudah terjadinya mual pada perut anda. Akhirnya anda mudah mabuk.

6. Cukup udara

Di dalam kendaraan, pastikan anda mendapatkan udara yang cukup untuk bernafas. Udara yang pengap dan berbau dapat membuat anda merasa mual, pusing, dan tidak enak badan. Duduklah dekat jendela, cari tempat longgar, dan pilihlah kendaraan yang ber AC.

7. Tidur

Tidur dalam perjalanan juga sangat membantu mengalihkan rasa pusing dan mual saat perjalanan. Posisikan tubuh anda dalam keadaan rileks, baik duduk maupun berbaring. Jika perlu, bawalah sebuah bantal saat perjalanan untuk membuat tidur anda terasa lebih nyaman dan nyenyak. 

 Demikianlah informasi tentang Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef