Tips agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

Tips agar rumah tetap aman selama ditinggal - Di hari-hari menjelang lebaran ini, tentu sudah banyak yang libur ya. Mulai dari sekolah, perkuliahan, perkantoran, hingga pekerjaan lainnya. Nah, bagi anda yang bekerja di luar kota, tentu sudah merencanakan akan pulang ke kampung halaman bukan?

Berbicara tentang pulang ke kampung halaman atau yang biasa disebut dengan mudik, terpaksa kita harus meninggalkan rumah yang ada disini, sebab kita harus pergi kesana ke kampung halaman atau rumah asli kita. Mungkin ketika rumah anda ditinggal, ada rasa khawatir pada diri anda tentang keamanan rumah "Apakah rumah ini bisa aman ketika saya tinggal?".

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir tentang keamanan rumah anda. Anda bisa melakukan beberapa tips yang bisa membuat aman rumah anda ketika ditinggal mudik. Berikut ini beberapa tips agar rumah anda tetap aman selama ditinggal mudik:

Tips agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik
Tips agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

1. Cabut selang gas dan kompor

Ketika anda ingin pergi mudik, sebaiknya cabut selang gas dan kompor. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kebakaran. Selama anda pergi mudik, tentu tidak ada yang tahu apabila ada kebocoran pada kedua benda ini. Jadi, pastikan untuk mencabut benda tersebut, dan pastikan tidak ada bau gas menyengat  dan menyebar disekitar rumah.

2. Koordinasi dengan RT/RW setempat

Sebelum anda mudik, pastikan anda telah berkoordinasi dengan RT/RW setempat mengenai keamanan lingkungan dan lain sebagainya. Jadi, selama ditinggal mudik bisa dipercayakan oleh RT/RW setempat. Anda juga perlu memberitahukan kepada RT/RW kalau anda akan mudik dan pergi dari rumah selama beberapa hari.

3. Titipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik

Jika anda ingin pergi mudik, pasrahkan rumah anda pada tetangga anda yang tidak mudik. Anda bisa menitipkan rumah sampai anda pulang. Tapi ingat, titipkan pada tetangga yang benar-benar bisa dipercaya. Ini bertujuan untuk pengamanan rumah. Kalau ada yang menjaga, tentu anda tidak khawatir lagi

4. Pasang alarm atau CCTV

Sangat disarankan untuk memasang alarm atau CCTV pada rumah anda. Jadi, meskipun anda pergi jauh dan meninggalkan rumah dalam beberapa hari, anda tidak perlu khawatir sebab bisa diawasi dari jauh. Anda bisa mengetahui siapa saja yang memiliki maksud tertentu pada rumah anda.

5. Pastikan penguncian rumah

Aanda bukan hanya mengunci pintu bagian depan saja. Tapi juga pintu belakang juga harus anda kunci rapat. Jangan sampai ada yang terbuka atau ada yang mudah dibuka. Pastikan juga jendela-jendela dikunci rapat. Pasang juga gembok pada pagar luar. Ini bertunjuan agar keamanan bisa terjaga.

Demikianlah informasi tentang Tips agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik. Lakukan tips diatas agar rumah anda tetap aman dan anda merasa nyaman selama mudik. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef