Tips agar Berat Badan tidak Naik saat Lebaran

Tips agar berat badan tidak naik saat lebaran - Di hari lebaran adalah hari yang penuh kemenangan. Ya, anda bisa makan apa saja saat hari tersebut. Bahkan anda pun nantinya akan mudah menemukan makanan khas seperti ketupat, lepet, opor ayam, rendang, dan kawan-kawannya. Anda bisa makan makanan tersebut sesuka hati sebab mudah ditemukan.

Tapi ingat, di lebaran tahun lalu saat anda melakukan hal semacam ini, apa yang terjadi pada diri anda? Apakah ada perubahan pada berat badan anda? Pasti akan lebih meningkat dari biasanya. Ya, berat badan meningkat ini sering terjadi pada mereka yang suka makan berlebihan dan sembarangan saat Hari Raya Idul Fitri.

Jika anda ingin tetap bisa makan makanan khas lebaran namun berat badan tetap stabil, yang perlu anda lakukan anda dengan menjalankan tips sehat untuk menjaga berat badan. Ya, berikut ini ada beberapa tips agar berat badan anda tidak naik saat lebaran:

Tips agar Berat Badan tidak Naik saat Lebaran
Tips agar Berat Badan tidak Naik saat Lebaran

1. Pilah-pilih kue lebaran untuk dikonsumsi

Banyak macam kue yang tersedia di hari lebaran. Semua kue yang tersedia sangatlah menggiurkan  untuk dicoba. Anda harus bisa memilah dan memilih kue yang baik untuk anda konsumsi. Hindarilah kue manis seperti cokelat atau putri salju. Pilihlah kue yang memiliki kadar gula rendah, misalnya kacang-kacangan atau kue lainnya yang memiliki kadar gula rendah.

2. Atur porsi makanan

Jangan mengikuti nafsu makan anda yang terlalu banyak. Hindari makan terlalu berlebihan dan sembarangan. Aturlah pola makan anda dan posi makan saat lebaran maupun setelahnya. Anda bisa mengantisipasinya dengan makan ramai-ramai. Sebab makan ramai-ramai akan saling berbagi, sehingga kemungkinan kecil anda akan makan banyak.

3. Kurangi mengkonsumsi daging

Di hari lebaran, biasanya banyak daging ayam yang mudah anda temui. Jika anda tidak ingin berat badan anda berlebih, kurangilah mengkonsumsi daging berlebihan. Tidak hanya daging ayam, tapi juga daging lainnya seperti daging kambing, sapi, dan lainnya. Konsumsilah sewajarnya dan jangan berlebihan.

4. Perbanyak minum air putih

Anda juga harus lebih sering lagi untuk minum air putih. Jangan sampai anda dehidrasi saat lebaran. Sebab jika anda mengkonsumi banyak makanan tanpa diimbangi dengan air putih, lemak akan selalu menumpuk. Air putih adalah salah satu yang dapat melarutkan lemak. Jadi, selain menghidrasi tubuh anda juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan minum banyak air putih, keinginan anda untuk makanan banyak juga akan terkurangi, sebab anda akan merasa kenyang lebih lama.

5. Tetap mengkonsumsi buah

Saat lebaran, jangan pernah tinggalkan makanan yang namanya buah. Sebab buah sebagai penyeimbang makanan lainnya. Perbanyaklah mengkonsumsi buah agar keinginan anda untuk mengkonsumsi makanan lainnya sedikit berkurang. Setelah anda menyantap makanan, anda juga perlu untuk makan buah sebagai penetral lemak dalam tubuh. Sehingga langsung dapat diserap oleh tubuh.

6. Lakukan olahraga

Meskipun sedang lebaran, anda juga tidak boleh lupa yang namanya olahraga. Luangkan waktu anda selama kurang lebih 30 menit untuk anda berolahraga. Anda bisa olahraga ringan seperti jalan kaki sampai berkeringat. Ini bertujuan untuk membakar kalori dalam tubuh anda. Sehingga berat badan anda akan tetap terjaga serta ideal.

Demikianlah informasi tentang Tips agar Berat Badan tidak Naik saat Lebaran. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef