Penyebab Utama Tidak Dikabulkannya Doa

Penyebab Utama Tidak Dikabulkannya Doa - Setiap orang pasti memiliki cita-cita atau keinginan yang ingin dicapainya. Namun semua itu tak akan bisa tercapai tanpa kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu kita harus rajin berdoa agar apa yang kita harapkan dan kita inginkan tersebut dapat terwujud dan tercapai.

Namun dalam berdoa kita tidak boleh sembarangan, karena tidak semua doa kita akan di kabulkan oleh Allah SWT. Banyak orang berdoa, namun doa mereka tidak dikabulkan, hal ini juga karenakan kebodohan mereka yang tak mengerti syarat-syarat berdoa yang benar agar doanya bisa dikabulkan dan diterima.

Tidak dikabulkannya doa seseorang disebabkan oleh beberapa hal. Nah kami akan memberikan beberapa hal yang menjadi penyebab atau penghalang tidak dikabulkannya doa seseorang. Berikut penyebab utaa tidak dikabulkannya doa seseorang.
Penyebab Utama Tidak Dikabulkannya Doa
Penyebab Utama Tidak Dikabulkannya Doa

1. Tergesa-gesa atau tidak sungguh-sungguh dalam berdoa

Jika kalian ingin doa kalian di terima dan dikabulkan, maka kalian harus berdoa dengan bersungguh-sunggu dan jangan tergesa-gesa. Rasulullah SAW pernah bersabda tentang berdoa yang tidak dikabulkan "Doa kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa yang mana ia mengatakan : saya telah berdoa namun belum dikabulkan"(Hr. Bukhori)

2. Berdoa dalam dosa atau memutus silaturrohmi

Penyebab kedua yaitu berdoa dalam dosa atau memutus silaturrohmi. Maksutnya berdoa dalam dosa yaitu ketika seseorang sedang mencuri dan berdoa supaya tidak tertangkap. Doa seseorang yang memutus silaturrohmi juga tidak diakan di kabulkan oleh Allah SWT. Sabda Rasululah SAW "Tidaklah seorang muslim berdoa diatas permukaan bumi ini dengan suatu doa kecuali Allah akan mengabulkannya atau mencegahnya dari kejelekan sepertinya selama dia tidak berdoa dalam dosa dan memutuskan silaturrohmi".

3. Makan dan menggunakan pakaian dari harta haram

Menggunakan harta haram seperti untuk makan dan membeli pakaian juga merupakan penyebab utama tidak dikabulkannya doa seseorang. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist yang artinya "Dari Abu Hurairah : Kemudian (Rasulullah) menyebutkan seorang yang usia melakukan perjalanan jauh, berambut khusut lagi berdebu, mengangkat tangannya kelangit seraya merangatakan : ya Rabbi, ya Rabbi, sedang dia makan dari harta haram, pakaian yang dipakainya haram, dan dia dipenuhi dengan segala hal-hal yang haram. maka bagaimana mungkin doanya diterima (Hr. Muslim)

4. Meninggalkan amal ma'ruf nahi munkar

Sebagai umat muslim kita semua wajib menjalankan amar ma'ruf nahi munkar yaitu memerintahkan kebaikan dan melarang keburukan. Nah ketika kita melihat banyak keburukan didepan mata kita, namun kita hanya diam saja, hal inilah yang menjadi penyebab doa kita tak dikabulkan.

5. Melakukan dosa-dosa tertentu

Doa kita tidak dikabulkan juga bisa disebabkan dosa-dosa yang sering kita lakukan namun tidak kita sadari seperti iri, dengki, bergosib dan lain sebagainy. Jadi jika ingin doa kita dikabulkan, baiknya kita bersihkan terlebih dulu hati kita. 

Demikianlah informasi tentang Penyebab Utama Tidak Dikabulkannya Doa. Jika doa kita ingin dikabulkan oleh Allah SWT, maka hindarilah penyebab-penyebab tidak dikabulkannya doa diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef