Penyakit yang Mengintai Para Pemudik

Penyakit yang mengintai para pemudik - Setelah hampir penuh satu bulan menjalankan puasa, kini kurang beberapa hari lagi lebaran tiba. Biasanya menjelang lebaran ini umat muslim yang bekerja di luar kota sibuk menyiapkan barang-barang untuk dibawa mudik. Momen inilah yang ditunggu-tunggu banyak umat muslim. Ya, momen lebaran dan mudik.

Berbicara tentang lebaran dan mudik, bukan berarti anda harus melupakan semuanya dan larut dalam kesenangan untuk menyambutnya. Anda juga perlu waspada. Sebab ada beberapa jenis penyakit yang mengintai para pemudik menjelang hari raya dan sesudah hari raya. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan hal ini. Atau mungkin sudah sering merasakan tapi belum menyadarinya.

Memang ada beberapa macam penyakit yang siap mengintai para pemudik menjelang hari raya ini. Jika tidak waspada dan tidak baik dalam menjaga kesehatannya, kemungkinan akan bisa terserang penyakit tahunan ini. Apa saja penyakit yang dimaksudkan? Berikut ini beberapa penyakit yang mengintai para pemudik:
Penyakit yang Mengintai Para Pemudik
Penyakit yang Mengintai Para Pemudik

1. Dehidrasi

Ketika musim mudik tiba, bagi anda yang akan melaksanakan kegiatan tahunan ini, yaitu mudik, pasti akan merasakan yang namanya macet. Ya, jalanan yang macet dan berada di dalam mobil berjam-jam dengan AC maupun tanpa AC. Ini akan membuat suhu anda naik hingga 100 cc. Jika tidak menyediakan air, anda akan mengalami dehidrasi yang sangat tidak nyaman. Sebab itu anda perlu siap selalu air mineral saat anda melakukan perjalanan mudik. Apalagi kalau perjalanan tersebut sangat jauh.

2. Infeksi saluran pernafasan

Infeksi saluran pernafasan ini biasanya lebih beresiko menular pada mereka yang menggunakan kendaraan umum. Dan keadaan ini akan lebih parah jika sebelumnya anda pernah menderita penyakit infeksi saluran pernafasan. Virus dan bakteri akan terus berputar. Apalagi saat dijalan, udara yang kotor yang bercampur dengan debu serta polusi udara lainnya, membuat penyakit ini mudah untuk menular.

3. Infeksi saluran pencernaan

Biasanya para pemudik suka menjajankan uangnya dengan jajanan sembarangan di pinggir jalan. Memang tidak salah menjajankan uangnya di penjual pinggir jalan, tapi tetaplah harus pilih-pilih makanan yang sehat dan tidak terinfeksi oleh berbagai macam bakteri seperti akibat debu polusi udara. Kebiasaan ini dapat memicu penyakit infeksi saluran pencernaan. Agar terhindar dari penyakit tersebut, sediakan tisu basa dan air mengalir untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman pada tangan. Sebab bukan hanya makanan saja yang terinfeksi bakteri, tapi itu juga bisa berawal dari tangan yang tidak bersih serta tempat yang juga tidak bersih. Pilihlah tempat dan makanan yang layak untuk dikonsumsi. Serta jaga kebersihan tangan sebelum makan.

4. Infeksi jamur

Baisanya para pemudik yang kebelet ingin buang air, tentu ia akan memilih tiolet umum daripada menahannya. Nah, ini memang benar. Tapi harus ingat, sebab tidak semua tiolet itu bersih dan layak untuk digunakan. Jika tiolet itu tidak bersih, maka akan beresiko terjadinya infeksi jamur. Pada wanita akan beresiko keputihan pada Miss V. Maka dari itu, pilihlah tiolet yanglayak, dan pilihlah tiolet yang terdapat WC jongkok, agar tidak bersentuhan langsung dengan WC yang kotor. Bersihkan kloset dengan tisu atau disinfektan lalu lapisi mulut kloset dengan kertas khusus yang bisa dibeli di apotek atau toko obat. 

Demikianlah informasi tentang Penyakit yang Mengintai Para Pemudik. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef