8 Penyakit Serius yang Mengancam Orang yang Kurang Tidur

Penyakit serius yang mengancam orang yang kurang tidur - Istirahat yang paling direkomendasikan dan disarankan adalah istirahat tidur. Sebab dengan tidur kita akan dengan cepat memulihkan tenaga. Tapi ingat, tidur ada takaran waktunya. Tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kekurangan.

Tahukah anda kalau tidur berlebihan atau kurang tidur bisa menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit? Pada normalnya orang tidur sehari 7-8 jam yaitu di malam hari. Jika berlebihan atau kekurangan waktu tidur akan mengganggu kesahatan tubuh. Ada banyak penyakit yang mengintai jika kita tidak tidur dalam waktu yang cukup. Salah satunya adalah rusaknya sel-sel dalam tubuh akibat kurang tidur. Itu sebabnya kita disarankan untuk tidur dengan waktu yang cukup dan sama setiap harinya.

Mungkin hal ini sering kali disepelekan oleh banyak orang. Sebenarnya ada banyak macam penyakit serius yang bisa mengancam kesehatan setiap orang yang kurang tidur. Berikut ini delapan penyakit serius yang mengancam orang kurang tidur:
8 Penyakit Serius yang Mengancam Orang yang Kurang Tidur
Penyakit Serius yang Mengancam Orang yang Kurang Tidur

1. Ingatan menurun

Kurang tidur akan membuat kemampuan otak menjadi menurun. Kemampuan mengingat akan menjadi melemah dari sebelumnya. Sebab saat anda kurang tidur, otak akan terus bekerja, sehingga menjadi lelah dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

2. Mudah cemas dan depresi

Sudah bukan rahasia lagi kalau kurang tidur bisa menyebabkan seseorang mudah merasa cemas dan depresi. Sebab kurangnya tidur bisa menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuat anda mudah mengalami depresi.

3. Inkontinensia urin

Inkontinensia urin adalah perasaan ingin kencing yang sering dan berlebihan. Ini merupakan efek buruk yang akan dialami mereka yang kurang tidur. Selain itu, orang yang kurang tidur juga akan mengalami kencing yang tidak tuntas-tuntas.

4. Melonjaknya berat badan

Kurang tidur bisa menyebabkan lonjakan berat badan secara drastis tanpa disadari. Sebab kurnag tidur akan membuat seseorang merasa selalu ingin ngemil dan ngemil makanan yang entah itu sehat atau tidak sehat. Bukan hanya itu, tingkat kolesterol pun akan menjadi meningkat yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

5. Diabetes

Biasanya orang yang kurang tidur akan lebih senang makan makanan yang manis-manis dan tinggi karbohidrat. Hal yang terjadi dari berlebihan mengkonsumsi manis-manis dan tinggi karbohidrat adalah mengalami kenaikan gula yang berlebihan dan bahkan sampai diabetes.

6. Osteoporosis

Tidur malam hari pada normalnya adalah 7-8 jam. Jika tidur tiap malam selalu kurang dari 6 jam, maka akan dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang secara drastis. Akibatnya tulang anda menjadi lemak dan rapuh. Komposisi mineral tulang juga akan menurun dan membuat anda rentan mengalami nyeri sendi.

7. Kanker

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kekurangan tidur bisa menyebabkan timbulnya sel-sel kanker berbahaya. Hal ini disebabkan karena radikal bebas dan berkembangnya sel penyebab kanker. Selain itu, racun yang menumpuk pun akan memperparah keadaan dan mempercepat perkembangan sel kanker.

8. Serangan jantung dan stroke

Selama anda tidur, organ tubuh anda akan diperbaiki dan racun pun akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Itulah alasan mengapa anda harus minum air putih dipagi hari dengan segera agar racun bisa lebih cepat dikeluarkan. Tapi hal ini tidak berlaku pada orang yang kurang tidur. Sehingga mereka yang kurang tidur akan rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, maupun stroke.

Demikianlah informasi tentang 8 Penyakit Serius yang Mengancam Orang yang Kurang Tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef