7 Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Terancam PHK

Hal yang harus anda lakukan jika terancam PHK - Memang yang namanya PHK atau pemutusan hubungan kerja itu sangat menyakitkan hati. Hal itu adalam mimpi buruk bagi para pekerja yang memiliki keterkaitan dengan orang lain seperti diperusahaan.

Berbicara tentang PHK, bukan hanya membuat pusing karena tidak ada aktivitas saja, tapi juga pusing karena sumber penghasilan menjadi hilang. Kalau seperti ini, semuanya terasa susah. Semuanya seakan tak berpihak kepada diri kita. Tapi hal ini tidak boleh terus membuat kita selalu terpuruk dan tidak mau mencari pekerjaan baru. Mungkin saja ini awal dari kesuksesan anda di pekerjaan lainnya.

Dalam dunia pekerjaan, sebenarnya anda ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Yaitu salah satunya tanda-tanda adanya PHK. Jadi kalau sewaktu-waktu anda akan di PHK seperti adanya kabar buruk tentang keuangan perusahaan dan sebagainya. Jadi, anda nantinya bisa mengatasinya dengan baik. Nah, berikut ini hal yang bisa anda laukan jika terancam di PHK:

7 Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Terancam PHK
 Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Terancam PHK

1. Tingkatkan tabungan darurat

Saat anda terancam diPHK. Anda harus mulai mempersiapkan diri baik secara fisik, mental, maupun ekonomi. Mungkin anda tidak tahu kapan akan diPHK dan kapan akan mendapatkan pekerjaan baru. Kini saatnya anda meningkatkan jumlah tabungan darurat anda. Agar anda tidak kaget ketika sewaktu-waktu anda kena PHK. Sebab masih punya cadangan tabungan darurat.

2. Kembangkan kemampuan

Jika anda terancam PHK. Sekarang waktunya anda untuk melihat kemampuan yang ada pada diri anda. Apa yang menjadi keahlian anda? Mengembangkan kemampuan merupakan harga mati bagi setiap orang. Sebab dengan kemampuan yang anda miliki dan anda kembangkan tersebut akan dapat memberikan jalan pada anda untuk mencari pekerjaan baru yang mungkin lebih baik dari sebelumnya.

3. Perbaiki sikap dan kinerja

Jika anda ingin mempertahankan posisi anda dalam perusahaan tersebut. Tentunya anda harus bisa memperbaiki sikap dan kinerja anda menjadi lebih baik sebelum anda terkena PHK. Sebab kalau anda sudah masuk daftar nama karyawan terPHK, akan percuma anda memperbaiki sikap  dan kinerja. Sebab sudah masuk daftar PHK. Maka dari itu jangan sampai telat untuk membenahi diri.

4. Update CV

Hal yang juga perlu anda lakukan adalah dengan mengupdate CV milik anda. Sebab jika suatu saat anda terkena PHK, anda akan dapat lebih mudah mencari pekerjaan baru. Ini hal yang perlu anda lakukan saat anda mendapatkan sinyal adanya PHK karyawan perusahaan.

5. Update profile linkedin

Anda juga perlu untuk selalu mengupdate profil linkedin. Mengapa? Sebab linkedin ini merupakan situs yang bermanfaat bagi karier seseorang. Terutama bagi anda yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam profesi yang digeluti. Dengan terus update profile linkedin akan membuat anda lebih siap mencari pekerjaan lain setelah di PHK.

6. Bersiap untuk negoisasi

Siapapun tidak ada yang tahu. Terkadang situasi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh sebab itu ketika anda mengalami hal yang menyakitkan hati, yaitu PHK, anda harus mulai bersiap diri. Salah satunya adalah dengan bersiap diri untuk negoisasi  masalah gaji dan sebagainya ketika anda interview kerja nanti.

7. Segera kirim lamaran kerja

Jika anda telah mendengar adanya bisikan PHK karyawan perusahaan. Anda tidak boleh bersantai-santai. Segeralah buat lamaran pekerjaan  dari sekarang. Perlu ingat, lamaran pekerjaan tidak akan direspon dalam waktu singkat. Jadi, ambilah start lebih awal sebelum anda diPHK. Sehingga anda punya perkiraan yang matang, yaitu anda diPHK langsung mendapat pekerjaan baru. Tapi perlu ingat juga, ini hanya rencana dan usaha. 

Demikianlah informasi tentang 7 Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Terancam PHK. 7 hal tersebut wajib anda lakukan ketika posisi anda di tempat kerja sudah mulai terancam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef