5 Pola Pikir yang Membuat Anda Tak Mudah Depresi

Pola pikir yang membuat anda tak mudah depresi - Perlu untuk diketahui bahwa stres adalah pemicu paling umum munculnya depresi. Tapi pada kenyataannya pikiran orang malah menjadi negatif ketika mereka merasa dibawah banyak tekanan. Inilah yang menjadi pemicu munculnya stres dan kemudian depresi.

Ketahuilah berpikir negatif tidak akan bisa menyelesaikan masalah yang ada. Berpikirlah positif agar masalah cepat terselesaikan dan terhindari dari depresi. Jika seseorang ingin lepas dan terbebas dari maslaah, harus bisa berpikiran positif. Kalau pikiran masih saja negatif bagaimana mau terbebas dari masalah. Jika selalu berpikir negatif akan selalu menumpuk banyak masalah.

Untuk mengatasi agar anda tidak mudah depresi. Anda perlu menerepakan pola pikir yang berbeda. Hilangkan pikiran negatif dari dalam diri anda. Jika ingin hati anda tetap tenang, ubah pola pikir anda dengan lima pola pikir berikut ini yang dapat dengan mudah menjauhkan anda dri depresi:

5 Pola Pikir yang Membuat Anda Tak Mudah Depresi
Pola Pikir yang Membuat Anda Tak Mudah Depresi

1. Membentuk prespektif positif

Ketika seseorang merasa terpuruk, stres, dan depresi, biasanya ia akan melihat sesuatu hanya dalam hitam dan putih. Dengan begini anda hanya akan menciptakan kesimpulan yang kemungkinan besar keliru. Cobalah berpikir lebih terukur dan akurat lagi cengan cara membentuk prespektif positif. Tujuannya agar anda bisa merasa lebih baik dari sebelumnya.

2. Mengurangi pemikiran ekstrem

Pemikiran yang ekstrem biasanya erat kaitannya dengan yang namanya depresi. Biasanya hal ini akan membawa anda ke pemikiran yang serba hitam. Hal ini akan terjadi jika anda selalu melihat orang lain dari satu sisi, apalagi sisi negatifnya saja. Lihatlah seseorang dari sisi kemanusiaan. Pandanglah orang lain dengan mata kasih, jangan dengan mata penuh dendam.

3. Jangan terlalu banyak menafsirkan

Memang setiap situasi membuat kita banyak berinterpretasi. Terutama jika kita selalu berpikir berlebihan. Sebuah kecenderungan dapat menafsirkan situasi dengan negatif. Dan ini dapat mempengaruhi pemahaman kita tentang kompetensi dan efektivitas pribadi. Kita akan merasa lemah padahal apa yang kita inginkan dan ekspetasi yang kita harapkan terlalu tinggi. Tafsirkanlah sesuatu yang negatif kedalam aspek yang lebih positif.

4. Jangan cepat mengambil kesimpulan

Cepat mengambil kesimpulan itu berarti mengevaluasi situasi secara cepat dan akan cenderung ke suatu kesimpulan yang negatif. Biasanya, cepat mengambil kesimpulan cenderung menyalahkan orang lain atau diri sendiri. Segala situasi dan masalah yang disimpulkan dengan cepat biasanya akan membuat kita berpikir mengapa semuanya tidak beres. Jadi, janganlah menyalahkan siapapun dan bersikaplah netral atau mempertimbangkan kemungkinan ini dan itu.

5. Tetapkan tujuan yang realistis

Ketika anda mulai menemukan, lalu mempertanyakan, dan menanang pemikiran negatif pada diri anda, anda mungkin akan menyadari kalau anda mulai membutuhkan pemecahan masalah dengan baik. Jika demikian, maka selalu pastikanlah bahwa anda akan menyelesaikan masalah dengan realistis. Sebuah permasalahan pasti memerlukan pemikiran dari anda maupun orang terdekat. Pastikan tiap tahap secara realistis dapat dilakukan. 

Demikianlah informasi tentang 5 Pola Pikir yang Membuat Anda Tak Mudah Depresi. Terapkanlah pola pikir diatas agar anda tidak mudah depresi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef