5 Dampak Buruk Anak Meninggalkan Sarapan

Dampak buruk anak meninggalkan sarapan - Saat akan melakukan aktivitas di pagi hari, tentu kita membutuhkan banyak energi untuk memulainya. Ya, energi ini akan kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi di pagi hari. Sebab itu kita semua dianjurkan untuk selalu sarapan sebelum memulai aktivitas pagi hari.

Berbicara tentang sarapan, memang yang paling sulit itu menyuruh anak-anak untuk sarapan. Ada ini dan ada itu, harus begini dan harus begitu dulu sebelum benar-benar mau sarapan. Jika begini, orang tua harus ekstra memberikan perhatian dengan cara khusus agar sang anak mau sarapan di pagi hari. Sebab kalau tidak sarapan akan dapat mendatangkan banyak gangguan kesehatan. Berbagai macam penyakit bisa datang dipicu jarangnya sarapan.

Dr Eva Devita Harmoniati, Sp.A, mengatakan bahwa sarapan merupakan salah satu waktu makan paling penting untuk menunjang aktivitas motorik dan tumbuh kembang sang anak. Lalu bagaimana kalau anak susah sarapan dan sering meninggalkan sarapan pagi? Berikut ini lima dampak buruk anak meninggalkan sarapan:
5 Dampak Buruk Anak Meninggalkan Sarapan
Dampak Buruk Anak Meninggalkan Sarapan

1. Konsentrasi menurun

Anak yang sering meninggalkan sarapannya akan bisa terjadi penurunan konsentrasi pada dirinya. Bahkan satu atau dua kali meninggalkan sarapan pun sudah terasa menurunnya konsentrasi dan akan terlihat lemas. Dampak panjangnya adalah energi akan terkuras dan akan mudah terkena berbagai macam penyakit.

2. Gangguan saluran pencernaan

Bukan hanya orang dewasa saja yang memiliki gangguan pencernaan ketika meninggalkan sarapan pagi, sang anak pun demikian. Jika sarapan selalu ditinggalkan dan tidak diperdulikan, maka bisa menyebabkan gastritis, sebab asupan nutrisi tidak teratur. Kondisi inilah yang dapat mengganggu aktivitas anak, terutama saat berjalan menuju sekolah di pagi hari.

3. Prestasi belajar anak menurun

Akibat konsentrasi menurun, tentu pemikiran anak juga menurun, semuanya jadi mengalami penurunan. Sehingga ini akan berpengaruh pada prestasi belajar anak. Kalau sarapan sering ditinggalkan, maka prestasi belajar anak kemungkinan akan mengalami penurunan juga.

4. Gangguan maag

Ini merupakan dampak yang seringkali dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Ya, meninggalkan sarapan setiap paginya jika dilakukan sering maka akan dapat menyebabkan datangnya penyakit maag. Jika dibiarkan dan masih saja meninggalkan sarapan, maka bisa menyebabkan gangguan pada asam lambung yang bisa membahayakan kesehatan.

5. Daya ingat menurun

Bukan hanya konsentrasi saja yang menurun, daya ingat sang anak pun akan mengalami penurunan secara drastis jika sering meninggalkan sarapan. Apalagi kalau sarapan ditinggalkan terus-menerus, kemungkinan besar akan terjadi penurunan pada daya ingatnya. Maka dari itu orang tua harus selalu memperhatikan kesehatannya dengan terus mengingatkan sarapan dengan bujukan dan rayuan.

Demikianlah informasi tentang 5 Dampak Buruk Anak Meninggalkan Sarapan. Sebagai orang tua anda harus mendisiplinkan anak untuk selalu sarapan pagi sebelum berangkat bersekolah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef