4 Penyakit yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Penyakit yang menyebabkan wanita sulit hamil - Bagi pasangan suami istri, siapa sih yang tidak ingin hamil dan memiliki keturunan? Tentu semua pasangan suami istri menginginkan hal itu. Namun terkadang ada suatu hal yang menghalangi datangnya keturunan.

Berbicara tentang kehamilan, memang ada beberapa wanita yang tidak bisa melahirkan keturunan. Entah itu karena kemandulan atau karena hal lain. Yang perlu diingat, tidak bisanya hamil dan melahirkan adalah bukan semata hanya karena mandul. Ada penyebab lain selain mandul yang menyebabkan seorang wanita sulit untuk hamil.

Ya, beberapa jenis penyakit ini ternyata bisa menyebabkan wanita sulit untuk memiliki momongan. Mungkin banyak yang belum mengetahui penyakit apa saja yang dimaksudkan. Nah, agar bisa menambah pengalaman dan lebih berhati-hati lagi, berikut ini empat penyakit yang menyebabkan wanita sulit hamil:

4 Penyakit yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil
Penyakit yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

1. Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit dimana kondisi lapisan rahim tumbuh diluar rahim. Hal ini menyebabkan tumbuhnya jaringan parut, nyeri, pendarahan berat, hingga dapat merusak saluran tuba dan ovarium. Munculnya endometriosis meskipun dalam jumlah minimal akan dapat mempengaruhi kesuburan seseorang. Sehingga potensi sel sperma untuk membuahi telur akan berkurang.

2. Rusaknya saluran tuba

Saluran tuba atau disebut dengan tabung fallopi atau yang dikenal juga dengan oviduk atau bulu rahim. Hal ini menjadi pemicu utama wanita mengalami kemandulan. Jika saluran tuba ini rusak, maka akan menghambat sel untuk memenuhi sel telur dan sperma. Selain itu juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit menula.

3. Rusaknya ovarium

Jika ovarium pada wanita rusak, maka akan dapat menyebabkan infertilitas. Beberapa penyakit seperti penyakit radang panggul atau endometrosis akan membuat ovarium berada pada posisi yang salah. Penyakit ini yang nantinya bisa menyebabkan sulitnya wanita untuk hamil.

4. Ukuran rahim abnormal

Mungkin ini terjadi pada sedikit wanita. Ada beberapa wanita yang memiliki ukuran rahim abnormal. Biasanya hal ini terjadi disebabkan karena efek samping dari obat-obatan yang berbasis bahan kimia yang diminum saat program hamil berlangsung. Sehingga ukuran rongga rahim akan lebih kecil secara signifikan dari ukuran normalnya. 

Demikianlah informasi tentang 4 Penyakit yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef