Wajib Tahu, Bahaya Berbuka Puasa Terlalu Banyak

Bahaya Berbuka Puasa Terlalu Banyak - Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dimana segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk, termasuk berlebihan saat berbuka puasa. Ya Berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu orang yang berpuasa setelah menahan lapad dan dahag selama seharian. 

Namun tak jarang waktu berbuka puasa ini dijadikan sebagai ajang balas dendam dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sangat singkat. Apalagi kebiasaan masyarakat Indonesia suka berbuka dengan makanan yang manis-manis seperti es campur, kolak, dan juga makanan berlemak seperti daging, makanan bersantan dan lain sebagainya.

Nah kebiasaan tersebut tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Terlebih setelah kita menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengatur menu makan, dan porsi makanan agar kita tetap sehat dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan berbuka puasa secara berlebihan bisa berdampak buruk, apasaja dampak buruknya. Berikut bahaya berbuka puasa terlalu banyak.
Bahaya Berbuka Puasa Terlalu Banyak
Bahaya Berbuka Puasa Terlalu Banyak

1. Gangguan pencernaan

Nah masalah pertama yang disebabkan karena buka puasa yang berlebihan adalah gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan akan kaget, ketika berpuasa lambung akan kosong selama seharian, dan ketika anda berbuka puasa dengan banyak atau berlebihan tentunya akan membuat lambung kaget sehingga tak jarang menyebabkan keluhan seperti perut kembung, mual, muntah dan lain sebagainya. Untuk itu baiknya anda makan makanan ringan dulu sepeti buah dan minum air, kemudian sholat maghrib dan baru makan makanan berat secukupnya saja.

2. Lemas dan mengantuk

Makan terlalu banyak juga akan membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk, terlebih jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk. Padahal di bulan puasa ini, anda masih harus mengerjakan sholat terawih dan amalan lainnya seperti membaca Al-Qur'an.

3. Membuat tubuh menjadi gemuk

Nah ini yang paling ditakuti para wanita. Kebanyakan orang justru malah semakin gemuk dibulan puasa, padahal logikanya selama puasa kita tidak makan dan minum dan seharus membuat berat badan menurun. Namun faktanya malah banyak orang yang berat badan naik derastis ketika bulan ramadhan. Hal ini tak lain karena mereka balas dendam saat berbuka puasa, mereka akan mengkonsumsi makanan apasaja yang ada didepan mata saat berbuka puasa. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Demikianlah informasi tentang bahaya berbuka puasa terlalu banyak atau berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk, termasuk berlebihan saat berbuka puasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef