Tips Kembalikan Stamina Yang Hilang Karena Puasa

Tips Kembalikan Stamina Yang Hilang Karena Puasa - Saat berpuasa kita diharuskan menahan lapar dan dahaga seharian penuh. Puasa memang akan terasa berat bagi yang tidak khusu' dan tidak iklas menjalaninya hingga tak jarang puasa membuat orang menjadi lemas dan tidak bersatamina, terlebih jika puasa di awal-awal bulan ramadhan, pasti akan terasa sangat berat sekali.

Namun meskipun demikian, jangan anda jadikan puasa sebagai alasan anda untuk bermalas-masalah karena tubuh lemas dan kurang berstamina. Puasa justru sangat baik untuk kesehatan, karena dengan puasa banyak penyakit yang bisa kita cegah dan kita atasi. 

Nah berbicara tentang stamina di bulan puasa, ada beberapa tips agar anda tetap berstamina dan bersemangat dalam melakuka aktifitas mesti sedang menjalankan ibadah puasa. Nah berikut beberapa tips ampuh untuk mengembalikan stamina yang hilang karena berpuasa.

Tips Kembalikan Stamina Yang Hilang Karena Puasa
Tips Kembalikan Stamina Yang Hilang Karena Puasa

1. Berbuka dengan makanan dan minuman yang manis

Seperti yang telah diperintahka oleh Rasulullah, kita disunahkan untuk berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis, seperti buah kurma dan lain sebagainya. Makanan atau minuman manis yang mengandung gula akan membuat tubuh kita menjadi segar dan berstamina kembali. Hal ini dikarenakan gula sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh untuk kemudian diolah menjadi energi. Namun perlu diingat juga, kita juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman manis, karena hal itu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

2. Memilih makanan yang seimbang

Nah ini yang penting, kebanyakan dari kita menyajikan berbagai menu makanan yang begitu banyak saat berbuka puasa, hingga akhirnya banyak yang mubadhir. Dan satu lagi, kebanyakan makanan yang dihidangkan saat buka puasa kebanyakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Padahal saat berpuasa kita memerlukan makanan yang seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Oleh karena itu pilihlah menu yang seimbang ketika berbuka dan sahur, agar anda tetap segar dan berstamina saat berpuasa.

3. Makan secara perlahan dan bertahap

Inilah kesalahan kebanyak orang ketika berbuka puasa, karena tidak sabar dan lapar, diantara kita makan secara lahap dan cepat. Padahal sistem pencernaan kita membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut, akibatnya makana tidak tercerna dengan baik dan tidak menghasilkan engergi yang maksimal, akibatnya tubuh menjadi lemas dan kurang berstamina. Makanlah secara perlahan dan bertahap seperti dimulai dari buah-buahan atau takjil, kemudian solat magrib terlebih dulu agar sistem pencernaan beradaptasi dan baru anda mengkonsumsi makanan berat.

Demikianlah informasi tentang Tips Kembalikan Stamina Yang Hilang Karena Puasa. Jangan sampai karena puasa anda menjadi lemas kurang bersemangat dan tidak berstamina. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef