Tips Hindari Emosi Karena Lapar saat Puasa

Tips hindari emosi karena lapar saat puasa - Puasa memang harus diniati dengan tulus menjaga diri sendiri dari semua hal yang membatalkannya. Ketika niat yang kuat itu ada, orang akan bisa bertahan seharian tanpa makan dan minum. Itulah kelebihan dari niat yang tulus dan kuat.

Namun, bagi sebagian orang merasakan lapar dan haus bisa membuatnya mudah emosi atau menjadi super sensitif. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk bisa bertahan. Untuk bertahan kuat puasa seharian memang kunci yang paling utama adalah niat. Jika anda lapar dan haus, katakan pada diri anda sendiri kalau waktu berbuka sebentar lagi. Ini akan membuat anda lebih bersemangat menjalani aktivitas tanpa mengeluarkan emosi berlebihan.

Untuk menghindari emosi karena lapar, ada banyak cara yang bisa anda lakukan di bulan puasa ini. Memang lapar saat puasa itu lebih mudah membuat seseorang menjadi sensitif bila tidak tahan. Namun jika anda bisa menggunakan tips berikut ini, pasti emosi karena lapar yang anda rasakan akan hilang:

Tips Hindari Emosi Karena Lapar saat Puasa
Tips Hindari Emosi Karena Lapar saat Puasa

1. Minta support dari orang terdekat anda

Jika anda tidak bisa mengontrol emosi anda, mintalah motivasi dan dukungan dari orang-orang terdekat anda. Entah itu sahabat anda atau teman anda atau juga mungkin pasangan anda. Sebab biasanya jika orang diberi motovasi atau dukungan akan merasa lebih semangat dan hatinya lebih tenang tidak emosi lagi.

2. Isi waktu dengan kesibukan yang anda sukai

Biasanya rasa lapar akan selalu datang jika kita tidak melakukan aktivitas apapun seharian. Jadi, cobalah untuk fokus melakukan aktivitas apapun yang anda sukai. Isilah waktu luang anda dengan suatu kegiatan yang bisa membuat anda senang dan betah. Dengan begitu, anda tidak akan lagi merasakan lapar dan tidak akan marah-marah sebab pikiran anda sudah fokus pada kegiatan tersebut.

3. Jauhlah dari semua hal yang berhubungan dengan makanan

Jika anda ingin kuat puasa seharian tapi anda mudah tergoda oleh hal yang berhubungan dengan makanan, maka jauhkanlah hal apapun yang berhubungan dengan makanan dari anda. Ya, apapun itu agar anda tidak tergoda dan berkeinginan untuk membatalkan puasa. Godaan itu biasanya datang secara tak terduga, bahkan juga dari foto. Maka jauhkan hal-hal semacam itu dari anda.

4. Ganti posisi anda

Gantilah posisi anda dari posisi semula menjadi posisi yang tidak membuat anda mudah marah. Misal, ketika anda berdiri, anda merasa lapar dan mudah marah, maka duduklah. Jika anda duduk, anda merasa lapar dan mudah marah, maka berbaringlah. Gantilah posisi yang bisa membuat anda mudah marah dengan posisi yang menurut anda terasa nyaman.

5. Nggak mau dong kalah sama anak kecil

Zaman sekarang anak SD saja sudah bisa puasa full sehari dan sebulan penuh. Tentu akan malu bukan kalau kita kalah dengan anak SD? Memang puasa niatnya bukan untuk mengalahkan anak kecil, tapi dengan adanya anak kecil yang puasa full bisa menjadi motivasi kita. Kalau anak kecil saja bisa, berarti kita harus bisa.

Demikianlah informasi tentang Tips Hindari Emosi Karena Lapar saat Puasa. Puasa tidak hanya menahan lapas dan haus, namun juga menahan hawa nafsu serta emosi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef