Tips agar Tidak Tambah Gemuk saat Berpuasa

Tips agar tidak tambah gemuk saat berpuasa - Ketika berpuasa, perubahan frekuensi makan akan terlihat sangat drastis. Di hari-hari biasa paling tidak kita makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Tapi ketika puasa kita paling akan makan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada sahur dan berbuka.

Berbicara tentang perubahan pola makan saat puasa ini, tentu ada efek yang akan dirasakan. Jika dilogika, tentu efek yang akan didapat adalah semakin kurus, sebab hanya makan dua kali dalam sehari. Tapi kenapa efek yang didapatkan malah bertambah gemuk? Ya, banyak orang merasa bertambah gemuk ketika berpuasa di bulan Ramadhan. Lalu apa penyebabnya?

Hal yang menjadi penyebab lonjakan berat badan ini adalah karena pola makan yang salah di saat sahur dan berbuka. Meski sedang berpuasa tetap harus mengatur pola makan dengan baik. Jenis makanan yang dipilih, kandungan dalam makanan, dan banyaknya makanan yang dikonsumsi. Itu semua harus bisa diatur dengan benar. Nah, agar tidak bertambah gemuk, berikut ini beberapa tips di bulan Ramadhan yang bisa anda coba:

Tips agar Tidak Tambah Gemuk saat Berpuasa
Tips agar Tidak Tambah Gemuk saat Berpuasa

1. Jangan pernah melewatkan makan sahur

Jangan sesekali anda melewatkan makan sahur anda. Selain membuat anda merasa lemas dan tidak bertenaga saat beraktivitas, ini juga akan berdampak nantinya pada saat anda berbuka puasa. Anda akan cenderung berbuka puasa lebih banyak. Perhatikan juga kandungan yang ada dalam makanan. Perbanyaklah konsumsi protein agar bisa kenyang lebih lama. Jangan makan terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

2. Atur porsi makan dengan baik

Biasanya orang yang sedang berpuasa memiliki prinsip khusus saat berbuka. Ya, prinsipnya adalah "aku ingin balas dendam makan yang banyak, sebab seharian tadi tidak makan". Justru hal inilah yang menyebabkan anda gemuk lebih cepat. Bukan hanya gemuk, tapi perut anda pun akan beresiko bergelambir. Maka, berhentilah makan ketika anda merasa hampir kenyang. Disarankan untuk minum air putih dulu sebelum berbuka puasa dan makan makanan kecil untuk ganjal perut. Setelah sholat baru menyantap makanan berat.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Saat anda berpuasa, sebaiknya perbanyaklah minum air putih baik sedang sahur maupun sedang berbuka puasa. Minumlah setidaknya 2 gelas air putih sebelum berbuka puasa atau sebelum menyantap makanan berat. Ini akan membuat tubuh anda terhidrasi lebih lama. Dan hal ini pun akan bisa mencegah anda pada kerakusan.

4. Hindari makanan berat saat akan tidur atau sebelum tidur

Sebelum anda tidur, jangan sesekali anda menyantap makanan berat. Sebab ini akan beresiko menumpuknya lemak dalam tubuh anda terutama pada perut. Setidaknya anda mengkonsumsi makanan berat yaitu 3 jam sebelum anda tidur. Jika anda ingin tidur, hindarilah makan makanan berat.

5. Hindari bermalas-malasan

Biasanya bulan puasa adalah bulan dimana banyak orang menjadikan alasan untuk bermalas-malasan. Ya, malas untuk bergerak dan beraktivtas apapun. Lakukanlah olahraga meskipun anda sedang berpuasa. Tak perlu olahraga yang berat-berat. Cukup dengan olahraga kecil seperti jalan-jalan pagi secara rutin. Ini dapat membantu membakar tumpukan kaori dalam tubuh.

Demikianlah informasi tentang Tips agar Tidak Tambah Gemuk saat Berpuasa. Berpuasa memang kerap membuat orang malah menjadi gemuk. Nah dengan tips diatas semoga anda tetap dapat menjadi berat badan anda selama berpuasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef