7 Tips Agar Puasa Dihari Pertama Terasa Ringan

7 Tips Agar Puasa Dihari Pertama Terasa Ringan -  Bulan Ramadhan sudah didepan mata, sebentar lagi kita semua akan menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah ini. Ya selama sebulan penuh kita akan berpuasa, menahan lapar, haus dan hawa nafsu dari setelah makan sahur sebelum fajar hingga berbuka di waktu magrib.

Dalam menjalankan ibadah buaya di butuhkan ke khusukan dan ke ikhlasan, Karena tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam. Hal ini tentu akan terasa sangat berat bagi orang yang tidak khusu' dan tidak ikhlas menjalankan rukun islam yang ke empat ini. Untuk itu kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika makan sahur juga saat berbuka.

Menjalankan ibadah puasa memang tidaklah mudah, terlebih puasa ramadhan di hari pertama. Ya biasanya di siang hari kita bebas makan apasaja yang kita sukai, di bulan ramadhan kita di wajibkan untuk berpuasa, terkadang tubuh kita merasa kaget dan puasa terasa sangat berat, berbeda dengan hari-hari selanjutnya yang terasa lebih ringan karena memang kita telah terbiasa. Nah untuk mengatasi hal ini, kami akan memberikan beberapa tips agar puasa di hari pertama terasa kebih ringan. Berikut tips agar puasa dihari pertama terasa ringan.
Tips Agar Puasa Dihari Pertama Terasa Ringan
Tips Agar Puasa Dihari Pertama Terasa Ringan

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Cara pertama yaitu anda konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ketika makan sahur seperti nasi, nasi merah, ubi, jagung, roti dan lain sebagainya. Karbohidrat akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama. Selain karbohidrat kompleks, anda juga disarankan untuk memperbanyak dalam mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Makanan berserat selain membuat kenyang lebih lama juga dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan di awal-awal puasa.

2. Penuhi asupan protein

Ketika puasa, pola makan kita akan berubah, jadi untuk mengatasi perubahan pola makan tersebut, kita juga disarankan untuk membanyak memenuhi asupan protein seperti makanan daging, telur, ikan dan lain sebagainya. Protein selain akan membuat anda tetap kenyang juga akan membuat anda tetap bersemangat dan tidak lemas dalam menjalankan ibadah puasa. Perbanyak asupan protein sangat penting dihari pertama menjalankan ibadah puasa.

3. Konsumsi lemak baik

Tidak hanya protein saja, anda juga membutuhkan asupan lemak, namun bukan sembarang lemak. Lemak yang di maksut disini adalah lemak baik atau HDL. Lemak baik sangat bermanfaat untuk membantu dalam menyerap nutrisi, selain itu lemak baik juga menyediakan energi untuk tubuh, menurunkan kolesterol jahhat dan mengurangi resiko serangan jantung. Perbanyaklah konsumsi lemak baik di hari awal-awal puasa.

4. Penuhi kebutuhan cairan

Yang terberat dalam menjalankan ibadah puasa yaitu rasa haus, terlebih di hari pertama puasa. Oleh sebab itu kita harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Anda harus tetapa memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air sebanyak minimal 8 gelas dalam sehari, Perbanyaklah minum ketika sahur dan berbuka.
5. Kurangi konsumsi makanan asin agar garam ketika sahur
Garam atau makanan asin baiknya anda hindari ketika sahur atau berbuka, Hal ini dikarenakan makanan yang mengndung tinggi garam akan membuat kita lebih cepat merasa lapar juga dehidrasi. 

6. Hindari gorengan

Sama halnya makanan yang tinggi kandungan garam, gorengan juga dapat menyebabkan kita lebih cepat mengalami lapar dan dehidrasi sehingga kita akan merasa kehausan ketika menjalankan ibadah puasa. Lebih baik anda hindari makanan tinggi garam dan gorengan.

7. Perbanyak berzikir

Cara terakhir agar puasa terasa ringan yaitu perbanyaklah berzikir dan membaca kitap suci Al-qur'an. Ya berzikir dan membaca Al-qur'an selain akan melupakan anda dari rasa lapar juga dapat menambah pahala serta meningkatkan keimanan anda. Seperti yang kita ketahui, selama bulan ramadhan pahala akan berlipat ganda. Oleh sebab itu perbanyaklah beramal ibadah sperti berzikir dan membaca Al-qur'an. 

Demikianlah informasi tenatng tips agar puasa di hari pertama terasa ringan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef