Menu Favorit Buka Puasa Rasulullah Yang Tak Banyak Diketahui

Menu Favorit  Buka Puasa Rasulullah Yang Tak Banyak Diketahui - Alhamdulillah bulan ramadhan telah tiba. Dibulan yang oenuh berkah ini semua umat muslim akan menjalankan rukun islam yang ke empat yaitu berpuasa. Nah berbicara tentang puasa tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya menu makan sahur dan berbuka. Memang tidak dipungkiri jika menu makan sahur dan berbuka haruslah spesial dibandingkan dengan menu makan biasa, terutama untuk menu berbuka. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya muncul penjual makanan dadakan menjelang berbuka puasa.

Memang sudah menjadi kebiasaan umat islam sekarang jika berbuka puasa harus lengkap dengan berbagai menu makanan ini dan itu, hingga tak jarang makanan tersebut menjadi mubadhir. Padahal Baginda Nabi Muhammad SAW tak pernah mengajarkan untuk berbuka puasa secara berlebihan, mewah, dan lengkap dengan sajian berbagai menu makanan. Lalu apasajakah yang menjadi menu berbuka puasa Rasulullah SAW?

Tidak banyak umat muslim yang mengetahui menu favorit berbuka puasa Rasulullah SAW. Baginda Nabi Muhammad SAW merupakan orang yang sederhana dan selalu mengajarkan kesederhanaan, begitu juga ketika Beliau berbuka puasa. Beliau tidak pernah menyajikan berbagai menu makanan yang banyak bahkan hingga mubadhir seperti kebanyakan umat islam saat ini saat berbuka puasa. Menu berbuka Rosulullah sangat sederhana, yaitu sebagai berikut.
Menu Favorit Buka Puasa Rosulullah Yang Tak Banyak Diketahui
Menu Favorit Buka Puasa Rosulullah Yang Tak Banyak Diketahui

1. Buah kurma

Buah kurma merupakan menu favorit Rasulullah SAW saat berbuka puasa. Hal ini bukan tanpa alasan, banyak peneliti yang telah membuktikan akan kandungan nutrisi serta manfaat buah kurma untuk kesehatan, terutama ketika dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah kurma memiliki kandungan gula alami yang mudah dicerna dan menjadi energi untuk tubuh, serta mengandung banyak mineral baik untuk kesehatan tubuh. Sejak zaman dulu kurma juga telah digunakan sebagai makana obat alami untuk menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan, mencegah pendarahan, anemia, gangguan usus, alergi, menyehatkan jantung dan lain sebagainya.

2. Air putih

Setelah mengkonsumsi buah kurma, Rasulullah SAW kemudian minum air putih, baru kemudian menyantap makanan yang tersedia. Namun beberapa ahli sejarah mengatakan setelah mengkonsumsi buah kurma dan minum air putih, Rasulullah SAW langsung mengambil air wudhu dan menunaikan solat maghrib.  

Demikianlahinformasi tentang Menu Favorit Buka Puasa Rosulullah Yang Tak Banyak Diketahui. Sangat jauh berbeda dengan menu berbuka kita semua saat ini. Kebanyakan orang islam saat ini menu berbukanya sudah banyak namun masih kurang banyak hingga tak jarang mubadhir. Memang tidak ada larangan mengkonsumsi menu makanan tertentu ketika berbuka puasa, yang penting adalah halal, namun meskipun demikian hal yang berlebih tentu tidak baik. Semoga menu favorit berbuka puasa Rosulullah SAW ini menjadi pelajaran kita semua untuk tidak berlebihan ketika berbuka puasa. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef