Manfaat Luar Biasa Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Manfaat luar biasa puasa ramadhan untuk kesehatan - Ternyata bulan Ramadhan telah tiba. Suatu kabar gembira bagi semua umat muslim seluruh dunia, khususnya bagi umat muslim yang ada di Indonesia. Apalagi bulan Ramadhan ini memiliki banyak manfaat dan keberkahan, tentu akan disambut dengan gembira dan penuh suka cita.

Berbicara tentang Ramadhan, tentu kita diwajibkan untuk berpuasa. Puasa itu sendiri adalah menahan sesuatu hal dari yang membatalkannya dari mulai terbitnya fajar hingga terbenam. Salah satu yang membatalka puasa adalah makan dan minum. Tahukah anda kalau menahan makan dan minum bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh?

Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengerti akan berpikir puasa itu hanya menyiksa. Tapi sebenarnya tidak, selain kita mendapatkan pahala banyak berlipat, kita juga akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat luar biasa puasa ramadhan untuk kesehatan:

Manfaat Luar Biasa Puasa Ramadhan untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Selama berpuasa di bulan Ramadhan memang dapat menurunkan berat badan. Selain berat badan, juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Seperti yang telah ditemukan oleh para peneliti tim ahli jantung di UAE, bahwa berpuasa di bulan Ramadhan dapat memberikan efek positif pada lipid, artinya terjadi pengurangan kolesterol dalam darah. Sehingga jantung akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit jantung.

2. Meningkatkan kecerdasaran otak

Berpuasa di bulan Ramadhan juga dapat memberikan efek positif untuk kesehatan otak. Bukan hanya kesehatan mental dan spiritual saja, tapi juga mencerdaskan otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa fokus mental di bulan Ramadhan meningkatkan neurotropik dari otak yang menghasilkan sel-sel otak lebih banyak, sehingga meningkatkan fungsi otak. Bahkan puasa Ramadhan juga bisa menghindarkan seseorang dari gangguan stres.

3. Cegah kebiasaan tidak sehat

Jika bertanya waktu yang tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk adalah waktu bulan Ramadhan. Ya, dibulan ramadhan bisa mencegah kebiasaan seperti merokok, ngemil berlebihan, dan makan makanan manis berlebihan. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan inilah anda bisa menghilangkan kebiasaan buruk dan hidup lebih sehat.

4. Detoksifikasi

Bulan yang paling fantastis mendetoksifikasi tubuh adalah bulan Ramadhan. Dengan menahan lapar tidak makan dan minum dalam waktu tertentu, maka tubuh akan berkesempatan mendetoksifikasi sistem pencernaan sepanjang bulan Ramadhan. Ketika tubuh anda mulai makan, maka akan jadi cadangan lemak yang menghasilkan energi pembakar racun. Inilah gaya hidup yang baik.

5. Penurunan nafsu makan

Salah satu masalah utama di bulan Ramadhan adalah berat badan yang lebih cepat turun dari biasanya, namun kembali lagi setelah Ramadhan lewat. Penurunan jumlah makanan yang dikonsumsi saat berpuasa ini bisa menyusutkan perut secara bertahap. Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat bagi anda untuk memulai membiasakan hidup sehat.

6. Menyerap lebih banyak nutrisi

Metabolisme tubuh akan lebih efisian ketika anda berpuasa menahan makan dan minum seharian selama bulan Ramadhan. Sehingga nutrisi yang diserap dari makanan menjadi lebih banyak. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon yang disebut dengan hormon adiponection yang memungkinkan otot-otot menyerap nutrsisi lebih banyak. Sehingga kesehatan anda pun akan lebih terjaga.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Puasa Ramadhan untuk Kesehatan. Puasa ramadhan tidak hanya ibadah yang banyak pahalanya, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan hal itu sudah dibuktikan oleh para peneliti. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef