Manfaat Luar Biasa Berpelukan Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Berpelukan Bagi Kesehatan - Berperlukan merupakan aktivitas yang bisa menenangkan jika dilakukan sepenuh hati. Berpelukan ini biasanya dilakukan oleh orang yang dilanda rindu berat setelah sekian lama tidak pernah berjumpa, namun berpelukan juka kerap dilakukan sebagai ungkapan rasa sayang atau cinta terhadap kekasih, anak, orang tua atau sahabat. 

Berbicara tentang berpelukan, para ahli mengatakan jika kita memeluk orang yang kita cintai atau orang spesial jantung akan berdetak lebih stabil dan memberi ketenangan juga kenyaman. Hal itu juga berlaku ketika kita dipeluk orang yang kita cintai.

Selain memberikan ketenangan, kenyaman serta keintiman dalam hubungan, berpelukan juga ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Beberapa ahli mengungkapkan jika aktifitas berpelukan bermnafaat untuk kesehatan. Lalu manfaat kesehatan apasaja yang dihasilkan dari aktivitas berpelukan. Berikut manfaat berpelukan bagi kesehatan.
Manfaat Luar Biasa Berpelukan Bagi Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Berpelukan Bagi Kesehatan

1. Meredakan stres

Manfaat pertama berpelukan yaitu dapat meredakan stres. Bahkan stres tingkat tinggipun dapat diredakan dengan berpelukan, terlebih berpelukan terhadap orang yang kita cintai. Hal ini sering terjadi ketika orang mengalami stres setelah ditinggal meninggal orang terdekat, maka orang terdekat lainnya seperti sahabat atau keluarga akan memeluknya untuk meredakan rasa stres yang sedang dihadapinya. Hal ini mungkin dikarenakan berpelukan dapat mendorong penekanan hormon stres kortisol yang diproduksi oleh tubuh.

2. Meningkatkan hormon oksitosin

Ketika orang berpelukan dengan orang yang dicintainya, maka hormon oksitosin  atau yang dikenal juga sebagai hormon cinta akan dilepas oleh tubuh, sehingga orang yang berpelukan akan merasa hangat dan bahagia.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mungkin orang bertanya apa hubungannya tekanan darah tinggi dengan berpelukan. Jawabnya tentu ada hubungannya. Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana berpelukan mampu meredakan stres, sperti yang kita ketahui stres merupakan salah satu penyebab utama ketekana darah tinggi. Selain itu hormon oksitosin juga akan membuat tubuh lebih baik dan bahagia. Sinyak sentuhan fisik dari berpelukan juga akan dikirim otak yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mungkin tidak ada yang menyangka jika berpelukan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya memang benar sekali, berpelukan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan berpelukan mampu mengatasi masalah stres atau depresi, sehingga sistem kekebalan tubuh akan menguat dan tubuh akan terlindungi dari infeksi.

5. Menghilangkan rasa nyeri

Berpelukan juga dapat menghilangkan rasa nyeri. Hal ini dikarenakan berpelukan akan melepaskan hormon hormon oksitosi yang dapat meningkatkan suasana senang dan membuat rasa nyeri berkurang dan terlupakan.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Berpelukan Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef