Wajib Tahu, 10 Hal Yang Dapat Menghilangkan atau Membatalkan Pahala Puasa

Hal Yang Dapat Membatalkan Pahala Puasa - Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah ini. Ya di bulan ramadhan ini kita semua orang muslim akan menjalankan ibadah puasa, yaitu ibadah dimana kita harus menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu selama seharian, dimulai dari fajar hingga terbenamnya matahari atau magrib.

Puasa ramadhan ini banyak sekali barokah atau manfaatnya, bagi kesehatan saja puasa dapat membantu menurunkan berat badan, kolesterol dan lain lain sebagainya. Orang yang berpuasa juga di janjikan pahala yang sangat besar yaitu surga kelak di akhirat nanti. Namun dalam menjalankan ibadah puasa kita juga harus bersungguh-sungguh dan iklas. Jangan sampai puasa kita sia-sia tanpa mendapatkan pahala, hanya lapar dan dahaga saja.

Ada banyak orang yang nantinya akan kecewa karena mereka tidak mendapatkan pahala apa-apa selama menjalankan puasa, mereka hanya mendapatkan rasa lapar dan dahaga saja. Seperti yang telah kita ketahui, hal yang membatalkan puasa diantaranya adalah makan, minum, berhungan suami istri, haid, nifas dan lain sebagainya. Namun selain itu ada juga beberapa hal yang dapat membuat puasa anda tidak diterima atau tidak mendapatkan pahala. Nah agar puasa anda tidak sia-sia, anda harus menghindari hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa anda. Berikut hal yang dapat membatalkan pahala puasa.
Wajib Tahu, 9 Hal Yang Dapat Menghilangkan atau Membatalkan Pahala Puasa
Hal Yang Dapat Menghilangkan atau Membatalkan Pahala Puasa

1. Berbohong atau berdusta

Hal pertama yang dapat membatalkan pahala puasa adalah berbohong. Berbohong atau berdusta memang pada dasarnya sudah dilarang, begitu juga ketika kita menjalankan ibadah puasa. Berbohong atau berdusta memang tidak membatalkan puasa, namun dapat mengurangi atau menghilangkan pahala puasa anda. Oleh sebab itu hindarilah berbohong terutama ketika berpuasa agar puasa anda tidak sia-sia.

2. Menggunjing atau membicarakan orang lain

Mengunjing atau membicarakan orang lain memang tidak membatalkan puasa, namun hal ini sangat dilarang dan dapat membatalkan atau menghilangkan pahala puasa. Jadi selama berpuasa kita tidak hanya dilaranga makan dan minum saja, namun juga dilarang untuk menggunjing orang lain.

3. Saksi atau sumpah palsu

Saksi palsu atau sumpah palsu bisa dikatakan berbohong atau berdusta, namun dampak sumpah palsu atau saksi palsu ini jauh lebih berbahaya dari pada berbohong. Orang yang melakukan saksi palsu atau sumpah palsu kelak akan mendapatkan siksaan yang pedih. Selain itu sumpah palsu atau saksi palsu juga akan menghilangkan pahala puasa. Orang yang melakukan saksi palsu atau sumpah palsu puasanya hanya akan sia-sia.

4. Mengadu domba

Mengadu domba merupakan hal yang sangat di benci oleh Allah SWT, terlebih jika dilakukan pada bulan Ramadhan. Orang yang mengadu domba saat puasa, puasanya tidak akan diterima dan orang tersebut tidak akan mendapatkan pahala sama sekali.

5. Mengucapkan kata-kata kotor

Mengucapkan kata-kata kotor seperti memaki-maki orang dan lain sebagainya juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa. Baiknya anda perbanyak berzikir dari pada mengucapkan kata-kata kotor.

6. Mencuri

Mencuri tentu sangat merugikan orang lain. Nah mencuri di bulan ramadhan akan mendapatkan dosa yang berlipat ganda, bahkan puasa orang yang mencuri akan menjadi percuma karena tidak akan di terima dan mereka tidak akan mendapatkan pahala sama sekali.

7. Menghasud, iri dan dengki

Menghasut iri dan dengki merupakan perbuatan tercela yang dapat merugikan orang lain. Orang yang menghasut iri dan dengki juga puasanya akan menjadi percuma, mereka tidak akan mendapatkan pahala. Menghasut, iri dan dengki telah membatalkan pahala puasa mereka.

8. Timbul nafsu setelah melihat lawan jenis

Nah ini sering terjadi pada kaum muda. Baiknya anda menjaga pengelihatan anda dari hal-hal yang bisa membatalkan pahala puasa seperti melihat lawan jenis secara seksama hingga menimbulkan nafsu. Jangan sampai pahala puasa anda batal hanya karena anda tak bisa menjaga pengelihatan mata anda.

9. Mencium perempuan yang bukan mukhrimnya

Mencium perempuan memang tak mebatalkan puasa, namun hal itu akan membatalkan pahala puasa. Mencim perempuan akan menimbulkan nafsu.

10. Ria

Ria atau pamer juga dapat membatalkan atau menghilangkan pahala puasa anda. Ini hati-hati bagi anda anak muda yang suka mengumbar ibadah puasa anda di media sosial seperti facebook atau lain sebagainya. Hal itu bisa menyebabkan ria dan menghilangkan pahala puasa anda.

Demikianlah informasi tentang 9 hal yang dapat membatalkan atau menghilangkan pahala puasa. Hindarilah sepuluh hal tersebut agar puasa anda tidak sia-sia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef