Daftar Makanan yang Buruk untuk Penderita Hipertensi

Daftar makanan yang buruk untuk penderita hipertensi - Hipertensi atau yang biasa dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi memang merupakan gerbang masuknya berbagai macam penyakit mematikan. Hipertensi dipicu akibat buruknya manajemen stres serta buruknya pilihan diet yang dijalani.

Berbicara tentan hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit ini disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan hidup yang tidak teratur serta tidak terjaga. Pola makan yang tidak teratur dan sembarangan, hal itu juga menjadi pemicu terjadinya hipertensi. Hipertensi juga berkaitan langsung dengan masalah jantung. Hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki diet yang selama ini dijalani.

Untuk menjaga tekanan darah agar stabil dan tidak naik ataupun turun yang berlebihan. Yang perlu anda lakukan adalah menjauhi atau menghindari makanan yang bisa memicu terjadinya hipertensi. Nah, berikut ini daftar makanan yang buruk untuk penderita hipertensi:

Daftar Makanan yang Buruk untuk Penderita Hipertensi
Daftar Makanan yang Buruk untuk Penderita Hipertensi

1. Alkohol

Dalam dunia medis maupun agama islam, alkohol memang dilarang untuk diminum. Sebab dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya adalah meningkatnya tekanan darah secara segnifikan. Ya, berdasarkan penelitian menjelaskan bahwa meminum alkohol dapat meingkatkan hipertensi.

2. Saos botolan

Memang sebagian orang merasa tidak enak bila makan tanpa adanya sambal atau saos. Akhirnya menjadikan sambal atau saor botolan sebagai tambahan makanan wajib disetiap makanan yang ada. Sementara saos pada botolan yang biasa dijual memiliki kandungan banyak garam sodium yang bisa mempengaruhi kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan air. Akibatnya tubuh akan mengalami retensi air yang berkontribusi pada kenaikan tekanan darah.

3. Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat memicu pada kenaikan tekanan darah yang segnifikan. Sehingga sangat membahayakan jantung dan juga kesehatan tubuh lainnya. Terjadinya peningkatan tekanan darah ini juga bisa menyebabkan libido menurun. Kandngan kafein pada kopi juga bisa menyebabkan kelenjar adrenal mengeluarkan hormon stres kortisol dan adrenal berlebih yang dapat memicu kenaikan tekanan darah yang berlebih.

4. Garam

Berbagai macam makanan asin memang sudah beredar luas dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Makanan yang memiliki tambahan garam tinggi sangatklah tidak baik untuk kesehatan. Sebab kandungan garam yang tinggi pada makanan dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh. Bahkan kandungan garam yang berlebih juga bisa menyebabkan bermasalahnya pada kesehatan jantung. Pada idealnya asupan natrium harian tidak boleh lebih dari 2400mg/hari. Anda bisa memeriksa kandungan garam pada label makanan yang akan anda makan.

5. Makanan olahan

Berbagai macam makanan olahan atau makanan kemasan memang perlu untuk anda hindari agar tidak terjadi kenaikan tekanan darah yang berlebih. Sebab makanan olaan atau makanan kemasan biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi, serta bahan pengawet dan lemak didalamnya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Sebab dapat meningkatkan tekanan darah lebih cepat.

6. Lemak

Lemak yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Obesitas dapat menyebabkan terjadinya penikatan pada tekanan darah secara segnifikan. Hindarilah berbagai macam makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak jenuh atau trans. Misalnya makanan yang digoreng, mentega, minyak kelapa, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan yang Buruk untuk Penderita Hipertensi. Hindarilah makanan diatas jika anda memiliki masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef