Cara Mudah Atasi Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Cara mudah atasi tekanan darah tinggi tanpa obat - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah dimana tekanan daraha dalam tubuh seseorang melebihi batas normalnya. Sehingga hal ini akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Seperti pusing, lebih mudah emosi, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang tekanan darah tinggi, ada banyak hal yang mempengaruhinya. Yang paling berpengaruh pada umumnya adalah gaya hidup atau pola hidup sehari-hari. Jika pola hidup tidak sesuai dengan rekomendasi yang benar dalam dunia kesehatan, maka bisa saja tekanan darah dalam tubuh menjadi meningkat ataupun menurun.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi sebenarnya ada banyak cara. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan. Tapi tahukah anda bahwa mengkonsumsi obat-obatan terlalu sering bisa berbahaya bagi tubuh? Untuk itu anda perlu untuk mencari cara lain jika ada. Tapi sebenarnya banyak. Nah, berikut ini beberapa cara mudah atasi tekanan darah tinggi tanpa obat:
Cara Mudah Atasi Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat
Cara Mudah Atasi Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

1. Tidur 7 jam

Usahakan untuk tidur selama kurang lebih 7 jam dalam sehari. Jangan terlalu jauh dari 7 jam. Biasanya jika tidurnya selama kurang dari 5 jam akan dapat memunculkan resiko yang lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. Kekurangan tidur bisa menyebabkan menghambat kemampuan hormon dalam mengatur hormon stres. Inilah yang menjadi penyebab terjadinya hipertensi.

2. Diet

Tahukah anda kalau orang yang memiliki badan gemuk lebih memiliki resiko lebih tinggi peningkatan resistensi darah dan pada peningkatan kerja jantung. Jika berat badan anda dirasa berlebihan, maka segera ikut program diet sehat. Setidaknya menurunkan berat badan sekitar 2-3 kg saja sudah bisa mempengaruhi tekanan darah anda. Tekanan darah akan bisa lebih turun dan stabil.

3. Kurangi garam

Garam dapat membuat tubuh anda menahan air. Jika tubuh anda terlalu banyak tersimpan air, maka yang akan terjadi tekanan darah dalam tubuh anda akan meningkat. Jika asupan garam terlalu tinggi, juga bisa menyebabkan meningkatnya resiko penyakit kardiovaskular. Oleh sebab itu kurangilah konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam tinggi.

4. Olahraga 2,5 jam per minggu

Olahraga sangatlah penting dalam kehidupan setiap orang. Sebab olahraga juga berpengaruh penting pada kesehatan tubuh. Untuk orang dewasa setidaknya bisa olahraga selama 150 menit atau 2,5 jam dalam waktu satu minggu. Kebiasaan olahraga rutin ini bisa menjauhkan anda dari hipertensi. Jantung anda akan lebih kuat dan bekerja lebih maksimal.

5. Meditasi selama 10 menit per hari

Meditasi bisa melepaskan stres dari dalam tubuh anda. Melakukan meditasi secara rutin akan bisa menjauhkan anda dari stres dan menjauhkan anda dari tekanan darah tinggi. Lakukanlah meditasi setidaknya 10 menit dalam sehari. Anda akan terbebas dari stres dan tekanan darah dalam tubuh akan lebih stabil.

6. Konsumsi buah dan sayur

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan, terutama pada pasien hipertensi. Pilih buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan nutrisi lengkap yaitu vitamin, mineral, serat, dan kandungan lainnya.

Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Atasi Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef