Cara Alami Atasi Susah Buang Air Besar Selama Ramadhan

Cara alami atasi susah buang air besar selama ramadhan - Susah buang air besar atau yang biasa disebut dengan sembelit merupakan suatu masalah kesehatan yang sering dialami oleh kebanyakan orang di bulan Ramadhan ini.

Memang rasanya sangat tidak nyaman bila di bulan Ramadhan ini merasakan gangguan sembelit. Tidak makan dan minum seharian, buang air besar susah. Akhirnya puasa yang dijalani pun terasa tidak nyaman dan merasa sangat terganggu. Salah satu penyebabnya adalah karena kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sebab kandungan serat mampu memperlancar buang air besar.

Daripada anda selalu merasa tersiksa dengan gangguan yang anda alami, alangkah baiknya anda mencari cara untuk mengatasinya. Dan berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi susah buang air besar selama Ramadhan:
Cara Alami Atasi Susah Buang Air Besar Selama Ramadhan
Cara Alami Atasi Susah Buang Air Besar Selama Ramadhan

1. Buah-buahan

Anda bisa memilih buah-buahan seperti apel, pisang, pepaya, masrkisa, dan alpukat yang kaya akan seratnya. Anda perlu memasukkan buah-buah tersebut pada menu sahur anda. Sebab buah-buahan tersebut mampu menghidrasi tubuh anda lebih lama dan bisa melancarkan pencernaan anda selama berpuasa.

2. Jus buah

Jus buah juga merupakan bahan alami yang dapat anda pilih. Selain menyegarkan, jus buah mampu mencegah dehidrasi dan sembelit selama berpuasa di bulan Ramadhan. Minumlah air kelapa, jus semangka, jus jeruk, jus mangga, jus anggur, dan jus buah lainnya.

3. Sertakan banyak sayuran

Sayuran memiliki kandungan serat yang melimpah. Bukan hanya menyehatkan tubuh, tapi juga dapat mencegah gangguan sembelit. Anda bisa memilih sayuran seperti kacang buncis, kacang polong, dan sayuran lainnya untuk anda masukkan pada menu sahur dan buka puasa anda.

4. Sertakan kurma

Kurma merupakan buah yang memiliki kandungan serat melimpah. Selain serat, kurma juga memiliki kandungan karbohidrat, kalium, magnesium, dan gula alami. Mengkonsumsi buah kurma selama bulan Ramadhan akan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh anda dan juga mencegah sembelit.

5. Probiotik

Anda juga perlu probiotik seperti  yogurt yang dapat membantu mencegah sembelit yang disebabkan oleh makanan rendah kalori. Jadi, pastikan untuk menyertakan yogurt selama puasa agar terbebas dari sembelit serta pencernaan anda menjadi lebih sehat.

6. Konsumsi gandum

Gandum juga sangat kaya akan kandungan seratnya. Mengkonsumsi gandum selama bulan Ramadhan mampu membuat pencernaan anda menjadi lebih sehat. Sertakanlah gandum dalam menu buka puasa dan sahur anda agar terbebas dari sembelit.

7. Makan produk rendah lemak

Anda juga bisa memilih makanan yang rendah lemak seperti daging ayam tanpa kulit serta ikan. Kedua makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang rendah, namun merupakan sumber protein. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh selama Ramadhan. Perbanyak juga minum air putih untuk mencegah terjadinya sembelit.

8. Ngemil almond

Almond adalah cemilan yang pas untuk anda pilih dan anda konsumsi selama bulan Ramadhan. Almond memiliki kandungan protein dan serat, serta kandungan lemak yang sangat sedikit sekali. Dengan mengkonsumsi almond ini mampu membantu anda dalam mencegah sembelit selama bulan Ramadhan.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Atasi Susah Buang Air Besar Selama Ramadhan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef