5 Hal yang dapat Merusak Otakmu

Hal yang dapat merusak otakmu -  Aktivitas sehari-hari membuat seseorang selalu bekerja dan terus bekerja. Tak jarang aktivitas tersebut menuntut kita untuk keluar ruangan yang terdapat banyak racun udara dari berbagai macam polusi. Mau tak mau kita pun pasti menghirup udara tersebut.

Berbicara tentang polusi udara. Banyak terdapat racun didalamnya. Kita menghirup udara tersebut melalui hidung dan masuk ke saluran pernafasan. Meski tak terlihat oleh mata, namun racun dalam polusi udara ini berbahaya untuk kesehatan otak dalam jangka panjang. Kinerja otak akan semakin terpengaruhi akibat terlalu sering menghirup udara kotor.

Sebenarnya bukan hanya polusi saja yang bisa mempengaruhi pernapasan dan kinerja otak. Ada juga beberapa hal lainnya yang bisa membuat otak rusak secara perlahan. Ya, kinerja otak tidak bisa berfungsi normal seperti sebelumnya. Berikut ini lima hal yang dapat merusak otak:

5 Hal yang dapat Merusak Otakmu
Hal yang dapat Merusak Otakmu

1. Kafein

Tahukah anda bahwa mengkonsumsi terlalu banyak makanan maupun minuman yang mengandung kafein dapat memperburuk kinerja otak? Ya, mengkonsumsi seperti kopi yang memiliki tingkat kafein tinggi bisa dikategorikan tubuh anda terkena polusi, polusi dari dalam. Sebuah studi menunjukkan kelebihan kafein dapat mempengaruhi otak dan meningkatkan rasa cemas berlebihan serta tidur yang tidak nyenyak.

2. Pemanis buatan

Berbagai macam makanan manis yang disimpan dalam kemasan kebanyakan mengandung pemanis buatan. Hal ini sering tidak disadari oleh sebagian besar orang. Sebab pemanis buatan jika dikonsumsi terlalu sering dapat menurunkan kinerja otak. Maka dari itu perlu untuk mengurangi makanan yang mengandung pemanis buatan. Aspartam bisa menurunkan kemampuan kognitif (berpikir) secara akademik. Secara singkat, orang bisa bodoh hanya karena pemanis buatan.

3. Polusi suara

Tahukah anda kalau suara dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang? Bukan hanya sumber suara dari musik saja, tapi dari semua suara disekitar. Cara berpikir dan mengingat sesuatu akan menjadi lebih terganggu akibat polusi suara seperti suara klakson, suara mesin, dan suara lain sebagainya. Sebab itu hindarilah suara yang berlebihan dan ramai.

4. Gula

Gula ini berbeda dengan pemanis buatan. Gula (refined sugar) yang diolah menjadi lebih menarik, seperti diberi pewarna, diputihkan, atau diolah dengan cara lainnya bisa meningkatkan inflasmasi sistem syaraf. Hal ini bisa menyebabkan seseorang memiliki ingatan dalam jangka pendek saja. Jadi, jika anda mudah lupa dengan apa yang anda kerjakan, mungkin ini salah satu penyebabnya.

5. Flouride

Mungkin flouride lebih banyak terdapat pada pasta gigi. Tapai air juga bisa terdapat kandungan flouride. Minuman yang mengandung flouride yang masuk ke dalam tubuh bisa mengurangi IQ seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa adanya penurunan IQ sebab sering mengkonsumsi minuman yang berbahan kimi tersebut.  

Demikianlah informasi tentang 5 Hal yang dapat Merusak Otakmu. Hindarilah kelima hal tersebut agar tidak merusak otak anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef