4 Tips Menagih Hutang pada Teman

Tips menagih hutang pada teman - Yang namnya hutang memang harus dibayar. Yang berhutang harus membayar dan yang menghutangi wajib untuk mengingatkan agar segera dibayar hutangnya. Ini sudah menjadi suatu kewajiban dari masing-masing pihak, baik dari pihak penghutang maupun yang menghutangi.

Mungkin sekilas pekerjaan menagih hutang tidaklah sulit. Tinggal mengingatkan, kalau sudah jatuh tempo tinggal ditagih. Tapi ini masalahnya berbeda, sebab berhubungan dengan teman. Ya, kalau yang meminjam uang atau yang berhutang itu adalah teman, pasti ada rasa tidak enak dalam hati kita bila ingin menagihnya. Anda mau mengingatkan gak enak, mau mengagih juga gak enak, rasanya serba sulit. Jadi kalau dipikir-pikir, anda yang memiliki uang mengapa anda yang ribet sendiri? Yang meminjam uang malah tenang-tenang saja.

Daripada anda merasa pusing memikirkan bagaimana caranya menagih hutang kepada teman, lebih baik anda menggunakan tips pada artikel ini. Tips ini ampuh membuat teman anda sadar akan hutangnya. Berikut ini empat tips menagih hutang pada teman:

4 Tips Menagih Hutang pada Teman
 Tips Menagih Hutang pada Teman

1. Ingatkan

Jika teman anda meminjam uang kepada anda. Lalu sudah lama tidak dikembalikan bahkan sudah jatuh tempo. Anda jangan berburuk sangka, mungkin saja memang teman anda adalah pelupa. Lebih baik anda berikan peringata pertama, yaitu dengan mengingatkan secara baik-baik. Anda jangan ragu untuk mengingatkan. Ini demi kebaikan anda dan juga kebaikan teman anda yang masih memiliki tanggungan.

2. Meminta dia untuk berkomitmen

Biasanya selalu ada banyak alasan bagi yang menghutang untuk memperlambat pelunasan hutangnya. Meski dia memiliki banyak alasan, jangan menyerah. Mintalah komitmen kepadanya kapan waktu tepatnya dia mau menyelesaikan kewajibannya. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan agar anda sendiri tidak dikerjain.

3. Sesekali kerjain balik

Anda tahu teman anda sudah gajian, tapi dia masih terlihat lempeng saja. Hmm, sepertinya anda perlu melakukan langkah tegas. Saat makan siang, ajaklah dia makan bersama anda. Lalu suruh teman anda untuk membayar dulu tagihan makanan tersebut. Nah, jika suatu saat teman anda menagih uang makan tersebut, katakan padanya bahwa dirinya dulu juga masih memiliki hutang kepada anda. Memang kejam, tapi ini cara efektif menghadapi teman yang menyebalkan soal masalah uang.

4. Berani menolak

Anda sudah tahu kalau dia meminjam uang tidak pernah dikembalikan tepat waktu dan bahkan selalu beralasan lupa. Namun dia masih saja sering meminjam uang kepada anda. Bahkan setelah dia dikerjain pun masih sering meminjam uang. Lebih baik anda tolak. Sebab ini juga demi kebaikan anda dan dirinya. Jangan sampai anda sakit hati lagi lantaran pinjamannya tidak kembalikan dan jangan sampai dia selalu memakan uang haram. 

Demikianlah informasi tentang 4 Tips Menagih Hutang pada Teman. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef