4 Tips Bijak Kelola Uang THR

Tips bijak kelola uang THR - Bulan Ramadhan sudah berjalan dan sudah memasuki bulan pertengahan. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Syawal atau Idul Fitri. Menjelang datangnya Idul Fitri, tentu bayangan THR sudah terngiang-ngiang dipikiran para karyawan. Benar tidak?

Bicara tentang THR atau Tunjangan Hari Raya. Ada dua macam THR, yaitu dalam bentuk uang dan ada yang dalam bentuk uang. Kita bahas yang dalam bentuk uang. Ketika kita mendapatkan THR, ada baiknya kita bijak dalam mengelola dana tersebut untuk kebutuhan keluarga. Dengan adanya THR tersebut akan dapat membantu kelancaran keuangan keluarga jika dikelalola dengan baik dan bijak.

Lalu, bagaimana cara mengelola uang THR dengan baik dan bijak? Apakah semudah yang dipikirkan? Sebenarnya jika mau mengikuti caranya dengan baik akan bisa memanfaatkannya dengan baik pula. Untuk mengelola uang THR, cobalah empat tips berikut ini untuk mengelola uang THR dengan baik dan bijak:

4 Tips Bijak Kelola Uang THR
Tips Bijak Kelola Uang THR

1. Susun anggaran belanja hari raya

Susunlah anggaran belanja di hari raya ini dengan baik dan bijak. Alokasi belanja hari raya dapat dibuat lebih sederhana daripada alokasi penghasilan bulanan. Sebagai gambaran, zakat dan sedekah 5%-10%, keperluan hari raya (makan, baju, THR orang lain, dll) 50%, mudik lebaran atau liburan 20%, Idul Adha 10%, Dana Darurat 20%. Jika anda bisa menahan diri untuk tidak menggunakan semua pos untuk keperluan hari raya, anda bisa menyisihkan THR untuk investasi. Untuk rencana keuangan keluarga tahun ini, anda bisa mengalokasikan sebesar kurang lebih 20% dan itu tergantung kebutuhan anda dan keluarga.

2. Daftar semua pengeluaran Hari Raya

Cobalah untuk menuliskan semua pengeluaran anda di hari raya. Baik itu yang masih rencana atau yang sudah dilakukan beserta estimasi jumlah untuk masing-masing alokasi pengeluaran. Misalnya, pengeluaran dana mudik, zakat, sumbangan, beli baju baru, dan lainnya. Ini bertujuan untuk mengatur kas pada keuangan. Baik jumlah pemasukan maupun pengeluaran selama hari raya.

3. Buat preoritas pengeluaran

Di bulan ramadhan menjelang hari raya ini. Anda perlu mempreoritaskan pengeluaran dengan baik. Membeli baju-baju baru menjelang Idul Fitri memang sah-sah saja. Namun akan sangat disayangkan jika dana dari THR habis hanya untuk dibelikan baju lebaran. Akan sangat disayangkan juga jika uang THR habis hanya untuk keperluan konsumtif. Susunlah kebutuhan anda. Pengeluaran mana saja yang anda butuhkan. Untuk membelinya, utamakan yang paling anda butuhkan terlebih dahulu secara berurutan.

4. Pisahkan dana THR

Setelah anda mendapatkan THR, segeralah pisahkan dana THR sesuai dengan alokasi masing-masing pada anggaran pengeluaran. Untuk memisahkannya, anda bisa menggunakan konsep amplop, rekening, atau e-money terpisah. Pemisahan ini ditujukan untuk meminimalisir kemungkinan belanja implusif di atas batas anggaran yang telah disusun sebelumnya. Sangat penting pemisahan ini anda lakukan. Agar anda tidak berlebihan dan sembarang menjajankan uang THR. 

Demikianlah informasi tentang 4 Tips Bijak Kelola Uang THR. Jangan sampai anda salah menggunakan THR anda untuk membeli barang-barang yang tidak anda butuhkan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef