4 Kebiasaan yang Menyebabkan Sembelit

Kebiasaan yang menyebabkan sembelit - Sembelit memang sangat mengganggu hari-hari kita. Ingin buang air besar tapi rasanya susah. Sembelit ini biasanya disebabkan karena kebiasaan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Seperti kurang minum, dan juga sering makan makanan pedas.

Berbicara tentang sembelit, sebagian besar orang pernah merasakannya. Sejumlah kebiasaan menjadi penyebab terjadinya susah buang air besar tersebut. Ada banyak kebiasaan yang perlu anda ketahui dan kemudaian anda hindari agar tidak mengalami sembelit. Sebab jika telah terlanjur mengalami sembelit, rasanya ingin buang air tapi ada juga rasa sedikit trauma akibat rasa sakitnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasinya tentu yang perlu anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup dan makan yang sehat, serta hindari kebiasaan yang bisa menyebabkan sembelit. Apa saja kebiasaan itu? Berikut ini empat kebiasaan yang menyebabkan sembelit:

4 Kebiasaan yang Menyebabkan Sembelit
Kebiasaan yang Menyebabkan Sembelit

1. Tidak minum cukup banyak air

Air adalah sumber dari kehidupan setiap makhluk. Selain menghidrasi tubuh, dengan minum cukup air akan bisa menghindarkan anda dari masalah sembelit. Sebab dengan mengkonsumsi banyak air, pencernaan akan lebih lancar dan pembuangan pun juga lebih lancar. Jagalah tubuh anda gar tetap terhidrasi dengan minum banyak air serta jangan lupakan jus buah, air kelapa, dan sup dalam menu diet anda.

2. Sering makan makanan pedas

Makanan pedas adalah salah satu makanan yang beresiko lebih besar menyebabkan terjadinya sembelit. Makanan pedas dapat memperburuk kondisi dan mengiritasi bagi mereka yang telah mengalami sembelit. Oleh sebab itu perlu untuk menghindari makanan pedas, khususnya bagi anda yang masih sembelit dan bagi ibu yang baru menyusui, setidaknya ibu yang sedang menyusui untuk menghindari makanan pedas selama 40 hari.

3. Doyan makanan olahan

Berbagai macam makanan olahan dapat menyebabkan terjadinya sembelit pada tubuh anda. Seperti roti putih yang hadir tanpa serat. Makanan yang diolah tersebut dapat meningkatkan resiko sembelit lebih besar. Hindari makanan olahan dan gantilah dengan makanan yang kaya akan kandungan seratnya. Seperti sayur, buah, dan makanan yang mengandung serat lainnya agar terhindar dari sembelit.

4. Sering minum kopi

Memang minum kopi itu baik unuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur serta tidak berlebihan. Jika anda memiliki kebiasaan yang tidak bisa berhenti sering minum kopi, maka mulai sekarang kurangilah kebiasaan tersebut dan ganti dengan minum teh hijau. Kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, sedangkan dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab sembelit. 

Demikianlah informasi tentang 4 Kebiasaan yang Menyebabkan Sembelit. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan penyebab sembelit tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef