3 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan bulan suci Ramadhan - Tak terasa bulan Ramadhan sudah berjalan dan hampir mendekati pertengahan. Bagaimana puasa yang anda jalankan? Apakah lancar? Bulan Ramadhan ini sebenarnya bukan hanya diisi dengan ibadah puasa, melainkan juga dengan ibadah lainnya, baik yang sunnah maupun wajib. Sebab beribadan di bulan Ramadhan akan berkali lipat pahalanya dari bulan biasa.

Berbicara tentang bulan Ramadhan, ada yang bilang bulan ini sangatlah menarik, mengesankan, dan menyejukkan hati. Bahkan dalam beberapa hasits menyebutkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, penuh kenikmatan, dan penuh keutamaan.

Jika dikupas lebih jauh lagi tentang bulan Ramadhan, sebenanya ada banyak keutamaan-keutaman yang terdapat pada bulan Ramadhan. Oleh sebab itu dianjurkan bagi umat muslim untuk lebih memperbanyak beribadah agar mendapat pahala lebih banyak. Nah, berikut ini tiga keutamaan bulan suci Ramadhan:

3 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan
Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

1. Pahala yang berlipat ganda

Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, di bulan suci Ramadhan ini diberikan keisitimewaan, salah satunya adalah pahala yang berlipat ganda bagi umat muslim yang mau beribadah. Hal ini ditunjukkan dalam firman Allah surat Az-Zumar ayat 10: "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas".

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa pahala yang banyak bisa kita dapatkan hanya dengan bersabar saja. Bagaimana kalau bersabar disertai dengan ibadah-ibadah lainnya? Pasti pahalanya akan lebih banyak lagi dari hanya sekedar bersabar. Di bulan Ramadhan ini kita dilatih untuk menjadi pribadi yang sabar, lapang, serta tenang dalam menjalani aktivitas. Maka lakukanlah segala aktivitas dnegan penuh kesabaran, kelapangan, ketenangan, dan pastinya penuh keikhlasan.

2. Meningkatkan sabar dan iman

Berpuasa adalah menahan diri dari berbagai macam hal yang membatalkannya. Dalam menahan diri tentu dibutuhkan kesabaran dalam diri kita. Disinilah kesabaran kita akan dilatih dan pasti akan menjadi lebih meningkat. Seperti yang telah tertara dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzy, Rasulullah SAW bersabda: "Puasa itu setengah dari sabar" Sedangkan hadits lain dari Imam Al Khatib dan Imam Abi Nur'aim, Rasulullah SAW bersabda: "Sabar itu sebagian dari iman".

Maka dari kedua hadits tersebut dapat diambil kesimpulan kalau puasa itu setengah dari sabar dan sabar sebagian dari iman. Maka tentu dalam bulan Ramadhan ini kita akan dapat meningkatkan kesabaran dan keimanan.

3. Kebahagiaan yang berlipat ganda

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa setiap orang yang benar-benar muslim pasti akan merasakan bahagia yang sangat bahagia ketika bulan suci Ramadhan datang. Rasulullah pernah menyampaikan kepada para sahabat bahwa orang yang berpuasa akan merasakan kebahagiaan penuh, yakni saat ia sedang berbuka puasa dan saat ia sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain kebagiaan tersebut, ada juga kebahagiaan lain yang akan dirasakan umat muslim. Yaitu bau mulut orang yang berpuasa dianggap lebih harum jika dibandingkan dengan minyak kasturi sekalipun. Dan juga di bulan Ramadhan ini melakukan ibadah apapun, pahalanya akan dilipat gandakan. Bahkan orang yang sungguh-sungguh dalam bertaubat di bulan Ramadhan ini akan memperoleh pengampunan atas dosa-dosa yang telah ia perbuat. Inilah mengapa para umat muslim merasakan sangat bahagia ketika bulan suci Ramadhan tiba. 

Demikianlah informasi tentang 3 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef