Cara Ampuh Atasi Trauma Karena Putus Cinta

Cara ampuh atasi trauma karena putus cinta - Setiap orang pasti akan merasa sakit, kecewa, sedih, dan semuanya bercampur menjadi satu. Rasanya seketika tidak karuan saat mendengar kata putus dari sang kekasih. Hmm. Ketika kita mengalami hal tersebut, kita merasa seakan dunia ini tak pernah memihak pada kita.

Berbicara tentang putus cinta, sebagian besar orang akan mengalami yang namanya 'Trauma'. Ya, baik itu trauma ringan, sedang, ataupun berat. Namun ada juga yang mengira dirinya sendiri mengalami trauma, tapi padahal hanya sedang lebay saja. Jika anda mengalami putus cinta, kira-kira anda mengalami trauma tingkat apa?

Trauma memang terdengar membahayakan, dan itu memang benar jika tidak segera ditangani dengan baik. Bahkan bisa menjadi bayang-bayang yang menakutkan dalam hidup. Bahkan ada juga yang mengatakan kalau tidak segera ditangani maka akan sulit untuk disembuhkan dalam jangka panjang. Lalu bagaimana cara mengatasi trauma, khususnya akibat putus cinta? Nah, berikut ini beberapa cara ampuh atasi trauma ketika putus cinta:

Cara Ampuh Atasi Trauma Karena Putus Cinta
Cara Ampuh Atasi Trauma Karena Putus Cinta

1. Kenali, akui, dan rasakan perasaan tersebut

Mungkin anda selama ini selalu memendam rasa sakit anda akibat masa lalu. Anda selalu berusaha terlihat baik-baik saja dan seolah-olah tak merasakan sakit dalam hati. Tapi anda sadar apa yang anda lakukan itu hanya menambah luka dalam hati anda. Anda mulai merasakan gejala susah tidur, kecanduan, gangguan makan, dan lain sebaginya.

Jika anda telah merasakan gejala tersebut, maka jangan berbohing pada diri sendiri. Akuilah tentang apa yang sebenarnya anda rasakan. Perasaan apapun itu yang anda miliki adalah suatu berkat yang sangat berharga dan harus anda syukuri. Jangan dibuang. Jika ingin marah, maka akui kalau anda sedang ingin marah. Ingat, dokter tidak akan bisa menyembuhkan penyakit yang tidak dia ketahui, sama dengan anda.

2. Berhenti memikirkan si Dia

Dia kini bagi anda sudah berstatus mantan. Jadi tidak perlu diingat-ingat kembali seperti dulu masih menjalin hubungan kekasih. Anggaplah dia sebagai masa lalu anda yang harus anda lupakan. Jika anda selalu mengingatnya hanya akan membuat hati anda semakin terluka dan sulit untuk disembuhkan.

Lupakanlah senyum manis yang pernah ia berikan untuk anda, lupakan caraya menyapa anda, lupakan seberapa sering dia menelpon atau menghubungi anda, lupakan segalanya tentang dirinya. Memang tidak mudah, tapi ini langkah penting bagi anda untuk menghilangkan trauma yang melekat.

3. Singkirkan benda-benda kenangan

Mungkin anda sudah berusaha melupakan sang mantan, tapi anda tetap merasa kalau anda masih saja belum bisa bangkit dari keterpurukan anda, masih belum bisa sembuh dari trauma anda. Jika begitu, mulailah untuk menyingkirkan apapun yang pernah dia berikan kepada anda.

Singkirkanlah boneka darinya, pakaian darinya, cincin darinya, foto-foto saat bersamanya, dan barang-barang lain pemberian darinya. Jika anda tidak mampu membuang, anda bisa memberikan pada orang lain atau tetangga anda yang membutuhkan barang tersebut. Ini bertujuan agar anda tidak lagi melihat barang apapun pemberian darinya yang bisa mengingatkan anda kepadanya.

4. Ingatlah kekurangan mantan

Mungkin anda telah melakukan berbagai cara untuk melupakan dirinya, anda merasa cara yang anda lakukan tidak pernah membuahkan hasil. Nah, cara yang mungkin bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengingat setiap kekuarangan dan kejelekannya. Memang ini bukan cara yang baik, sebab bukannya mengingat kebaikan orang tapi malah mengingat kejelekan orang. Tapi mau bagaimana lagi, inilah cara yang bisa membuat anda mudah melupakannya.

Yaitu dengan mengingat seberapa sering dia membohongi anda dulu, bagaimana dia membentak anda, bagaimana ia pernah berkata kasar kepada anda, bagaimana dia gemar suka berfoya-foya, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar anda tidak lagi mengharapkan kebaikannya yang akan diberikan kepada anda seperti dulu. Dengan mengingat kekurangannya, anda akan lebih terdorong untuk melupakannya.

5. Sejarah tidak selalu berbohong

Memang mungkin dulu anda selalu merasakan penderitaan yang mendalam. Anda selalu merasakan sakit akibat masa lalu. Anda merasa kalau masa lalu anda selalu suram dan selalu menyakitkan. Dan kini anda terpuruk meratapi gelapnya masa lalu.

Meskipun masa lalu anda tidak menyenangkan, dan meskipun anda selalu mendapat banyak luka bahkan satu juta kali terluka, itu bukan berarti anda tidak bisa bahagia. Ingat, Semua orang ditakdirkan bisa merasakan sedih dan juga bisa merasakan bahagia. Anda pun bisa merasakan bahagia. Jangan sia-siakan kesempatan anda merasakan kebahagiaan. Maka sebab itu anda tidak boleh membiarkan hubungan masa lalu menghantui hubungan masa depan anda.

6. Jadikan sebagai pelajaran

Semua orang pasti tahu kalau pengalaman masa lalu adalah guru yang paling berharga dalam kehidupan. Ketika anda merasakan sakitnya dihianati oleh seseorang, ketika itu pula anda akan mengerti artinya kesabaran. Dari situlah anda bisa mengambil pelajaran berharga yang mungkin tidak pernah didapatkan orang lain.

Nah, jadikan rasa sakit hati dan kecewa yang anda rasakan itu sebagai pelajaran yang berharga untuk anda kedepannya. Dan anda perlu ingat, jangan pernah datangkan rasa sakit di masa lalu ke masa depan anda. Buang masa lalu yang menyakitkan, dan sambutlah kebahagiaan di masa depan.

Demikianlah informasi tentang Cara Ampuh Atasi Trauma Karena Putus Cinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef