8 Bahaya Menahan Lapar

Bahaya menahan lapar - Apakah anda pernah menahan lapar di saat anda beraktivitas? Atau mungkin sering? Ketika anda sedang berada di kantor dan sedang menjalankan pekerjaan anda, lalu anda merasa lapar di tengah-tengah jam kerja, apa yang anda lakukan? Tentu menahannya. Ya, sebab jika ingin makan tidak diperbolehkan.

Tahukah anda kalau menahan lapa dalam waktu yang lama dan itu berlangsung terus menerus itu akan membahayakan kesehatan anda? Mungkin di awal-awal anda menahan tidak terjadi masalah apa-apa dan mungkin juga anda tidak merasakan apa-apa. Yang anda rasakan hanyalah lapar dan ingin segera makan. Tapi jika anda selalu menahan untuk tidak makan setiap kali anda lapar, itu akan memberikan efek jangka panjang yang membahayakan kesehatan tubuh.

Ada beberapa efek buruk yang bisa dirasakan seseorang jika memaksakan menahan lapar dalam waktu lama. Apa saja efek bahaya yang dimaksudkan? Nah, berikut ini beberapa efek bahaya menahan lapar:

Bahaya Menahan Lapar
Bahaya Menahan Lapar

1. Gagal fokus

Ketika anda menahan lapar, yang akan anda rasakan selain lapar adalah susah untuk fokus pada apa yang anda kerjakan. Hal ini dikarenakan otak anda kekurangan asupan nutrisi untuk menjalankan fungsinya. Akhirnya anda pun kesulitan saat akan menyelesaikan pekerjaan anda.

2. Kinerja menurun

Akibat dari gagal fokus, kinerja anda pun menjadi menurun, dan bahkan bisa saja menurun secara drastis. Bukan krena gagal fokus saja, tapi juga karena kekurangan energi untuk berpikir akibat terlalu manahan lapar. Jangan biarkan hal ini berkepanjangan, sebab akan berpengaruh pada kesehatan.

3. Energi terkuras

Saat anda menahan lapar, energi anda akan selalu terkuras dan terkuras. Akibatnya, anda pun akan merasa cepat lelah, bosan, dan ngantuk. Sehingga hal ini akan bisa mengganggu motivasi anda dalam bekerja. Janganlah membiarkan hal ini jika ingin pekerjaan cepat selesai.

4. Pingsan

Mungkin saja anda bisa pingsan ketika menahan lapar terlalu lama. Sebab energi anda terkuras, dan anda tidak memiliki pasokan sumber daya cukup dari makanan. Anda tidak kuat menahan lapar lalu kemudian pingsan. Ini yang membuat anda harus makan dengan interval waktu yang reguler setiap hari.

5. Makan tidak sehat

Ketika anda menahan lapar, kemungkinan akan membuat anda makan makanan yang tidak sehat. Sebab, saat anda lapar, pikiran anda cenderung berpikir yang penting bisa makan entah itu makanan sehat atau tidak sehat dan yang penting enak serta kenyang. Akhirnya anda tak memperdulikan makanan yang anda makan.

6. Makan berlebih

Menahan lapar terlalu lama bisa menjadi bomerang bagi anda sendiri. Saat anda menahan lapar terlalu lama, tentu anda sangat merasakan lapar. Nah, ketika anda memiliki waktu kesempatan makan, tak tanggung-tanggung anda makan berlebihan. Biasanya ini dilakukan untuk balas dendam akan lapar yang rasakan sebelumnya.

7. Pengaruh kadar gula darah

Jika terlalu lama menahan lapar, ini akan berpengaruh pada kadar gula darah anda. Sebab menahan lapar terlalu lama membuat anda makan tidak terartur, dan akhirnya kadar gula darah terpengaruh bisa naik drastis dan bisa turun drastis. Ingatlah, kadar gula darah stabil lebih baik.

8. Makan makanan berlemak

Biasanya, orang yang sering menahan lapar akan cenderung makan makanan yang berlemak. Sebab dengan makanan yang berlemak akan membuat anda makan lebih kenyang dan puas. Jika ini anda lakukan, maka akan berpengaruh pada gula darah, kolesterol, dan tekanan darah yang bisa saja melonjak suatu saat. 

Demikianlah informasi tentang Bahaya Menahan Lapar. Jika anda merasa lapar, lebih baik anda segera untuk makan agar kesehatan anda tidak terganggu. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef