7 Tips Perangi Rasa Keram Perut saat Menstruasi

Tips perangi rasa keram perut saat menstruasi - Masa yang paling membuat semua wanita merasa sangat tersiksa adalah saat masa PMS. Ya, sebagian besar wanita berkata demikian. Sebab dimasa PMS, wanita akan merasakan suatu hal yang bisa dibilang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Apa yang membuat wanita tersiksa?

Yang membuat wanita tersiksa saat PMS bukan soal mood swing, tapi itu soal ketidaknyamanan yang dirasakan wanita pada kodisi fisiknya. Seperti misalnya rasa keram pada perut, sakit kepala, sakit tulang punggung, tubuh yang memengkak karena daya serap terhadap air tinggi, dan lain sebagainya. Itu yang menyebabkan wanita merasa tersiksa dengan masa PMS.

Namun, ketika anda merasakan hal itu pada saat menstruasi, anda tidak perlu langsung terburu-buru mengambil obat penghilang rasa sakit. Yang perlu anda lakukan adalah mengobatinya dengan benar. Salah satu caranya dalah menggunakan beberapa bahan alami dan rutin olahraga. Berikut ini tujuh tips perangi rasa keram perut saat menstruasi:

7 Tips Perangi Rasa Keram Perut saat Menstruasi
Tips Perangi Rasa Keram Perut saat Menstruasi

1. Jahe, adas, atau kemangi

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa keram pada perut anda. Namun bukan hanya jahe saja yang bisa anda manfaatkan. Herbal lainnya adalah adas dan kemangi. Untuk membuat ramuannya, silahkan potong kecil jahe dan masukkan pada air panas atau teh panas. Minumlah 3 kali sehari. Anda juga bisa membuat ramuan yang sama dengan adas dan kemangi. Minumlah selama menstruasi berlangsung.

2. Minum suplemen minyak ikan

Asam lemak omega 3 bisa anda manfaatkan untuk membantu meredakan rasa sakit pada perut akibat menstruasi. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen ini saat menstruasi, ia akan mengalami keram lebih ringan daripada wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen.

3. Panas adalah sahabat

Panas bisa membuat anda menjadi rileks saat sedang menstruasi. Terutama pada otot-otot anda yang ada di uterus berkontraksi. Silahkan kompres area tersebut dengan air hangat untuk menghilangkan keram pada perut saat menstruasi. Selain mengkompres dengan air hangat, anda juga bisa melakukan cara lain, yaitu dengan minum air hangat atau mandi dengan air hangat.

4. Jauhi kafein dan produk dari susu

Saat anda memasuki masa menstruasi, sementara jauhilah segala jenis makanan atau minuman yang memiliki kandunagn kafein dan juga produk susu. Sebab, jika anda mengkonsumsi kafein dan/atau susu saat menstruasi akan bisa memperparah rasa keram pada perut anda.

5. Zat besi

Di masa menstruasi adalah masa dimana anda harus lebih memenuhi asupan nutrisi tubuh. Salah satunya adalah zat besi. Sebab kurangnya nutrisi akan dapat memperburuk gejala-gejala menstruasi. Konsumsilah berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung vitamin dan zat besi selama masa menstruasi. Ini bertujuan untuk mengurangi rasa keram pada perut.

6. Potasium dan magnesium

Zat potasium dan magnesium ini sangat baik untuk otot anda. Kedua zat ini mampu membuat otot uterus menjadi lebih rileks. Sehingga kram yang dirasakan akan menjadi lebih berkurang. Jika telah menjelang masa mensturasi, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua zat ini untuk menghindari rasa kram berlebihan. Anda bisa mendapatkannya dari pisang, sayuran hijau, salmon, dan ikan tuna.

7. Olahraga

Untuk mengatasi masalah keram pada perut saat menstruasi juga bisa anda lakukan dengan berolahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang berat-berat. Anda hanya perlu olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, atau olahraga ringan lainnya. Ini akan dapat dengan mudah meredakan rasa kram pada perut anda. 

Demikianlah informasi tentang 7 Tips Perangi Rasa Keram Perut saat Menstruasi. Atasi nyeri haid dengan 7 tips diatas, semoga informasi diatas bermanfaat . Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef