6 Dampak Buruk Terlalu Lama Tidur

Dampak buruk terlalu lama tidur - Dalam kehidupan manusia pasti ada yang namanya istirahat. Dan istirahat yang paling baik adalah tidur. Sebab dengan tidur akan bisa mengembalikan energi yang telah terkuras selama beraktivitas. Lantas bagaimana jika tidurnya berlebihan?

Berbicara tentang tidur. Memang tidak diperbolehkan tidur berlebihan atau terlalu lama. Sebab jika tidur terlalu berlebihan atau terlalu lama akan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Para dokter sepakat menyarankan kepada semua orang agar tidak tidur berlebihan atau melebihi batas durasi pada umumnya, yaitu antara 7-9 jam. Jika melebihi batas yang telah ditentukan secara terus menerus akan mengalami masalah kesehatan.

Lalu, apa yang saja yang akan terjadi jika seseorang tidur terlalu lama? Tidur terlalu lama akan memberikan dampak buruk. Agar anda lebih berhati-hati, berikut ini enam dampak buruk tidur terlalu lama atau berlebihan:

6 Dampak Buruk Terlalu Lama Tidur
Dampak Buruk Terlalu Lama Tidur

1. Merusak otak

Berdasarkan penelitian studi di tahun 2012 menyebutkan bahwa tidur terlalu lama dan terlalu sedikit dapat menyebabkan gangguan pada otak. Ya, otak secara fisik akan memburuk. Orang yang tidur lebih lama dari 9 jam atau lebih sedikit dari 5 jam, akan mengalami perubahan pada otak yang sama dengan otak yang lebih tua 2 tahun.

2. Resiko depresi

Sebuah studi yang telah dilakukan di tahun 2014 menyebutkan bahwa, tidur berlebihan atau terlalu lama dapat meningkatkan gejala depresi. Dalam penelitian ini para partisipasi dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama tidur antara 7-9 jam dan memiliki gejala depresi 27%. Sedangkan yang tidur dari 9 jam memiliki tingkat gejala depresi 49%.

3. Menyebabkan berat badan naik

Penelitian di Quebee mencatat terhadap anak muda dalam jangka 6 tahun. Diperoleh hasil bahwa orang yang tidur lebih sedikit atau lebih lama dari 7-8 jam setiap malam memiliki berat badan yang lebih meningkat daripada orang yang tidurnya teratur durasi 7-8 jam. Bahkan kenaikan ini bisa mencapai 5kg.

4. Merusak jantung

Berdasarkan penelitian yang dipersentasikan pada tahun 2012 di Alerican College of Cardiology menunjukkan bahwa  tidur selama 8 jam atau lebih akan memiliki resiko serangan jantung lebih besar daripada orang yang tidurnya 7-8 jam. Orang yang tidur terlalu lama akan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner.

5. Susah hamil

Penelitian dari Korea  pada tahun 2013 menemukan bahwa wanita yang tidur 7-8 jam memiliki tingkat kehamilan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidurnya 9-11 jam setiap malamnya. Namun penyebab dari hal ini belum diketahui secara pasti meski kebiasaan tidur dapat mengubah rime circadian, produksi hormon, dan siklus menstruasi namun tidak dikatikan dengan kesuburan.

6. Menyebabkan kematian dini

Berdasarkan hasil review dari 16 studi yang berbeda di tahun 2012 menemukan bahwa resiko kematian akibat berbagai jenis penyebab sekarang menjadi meningkat. Baik itu yang tidur terlalu sebentar maupun yang terlalu lama. Kematian ini 1-3 kali lebih mudah terjadi daripada mereka yang tidurnya 7-8 jam.

Demikianlah informasi tentang 6 Dampak Buruk Terlalu Lama Tidur. Mengetahui akan dampak buruk tersebut, baiknya anda jangan banyak tidur, idealnya orang tidur sekitar 8 jam dalam sehari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef