6 Dampak Buruk tak Menjaga Kebersihan Bumi Kita

Dampak buruk tak menjaga kebersihan bumi kita - Bumi adalah tempat tinggal yang wajib kita jaga. Baik itu keindahannya, kekokohannya, maupun kebersihannya. Kita sebagai manusia yang merupakans salah satu makhluk penghuni bumi dan makhluk yang paling sempurna, tentu kita diberi akal yang cukup dan bahkan lebih untuk berpikir agar bumi kita tetap terjaga kebersihanya. Sebab itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan bumi. Kita tidak harus membersihkan seluruh penjuru bumi, Paling tidak kita perlu membersihkan tempat disekitar kita.

Semakin berjalannya waktu, usia bumi akan semakin tua. Sama halnya seperti manusia, semakin tua pasti akan semakin lemah, semakin tua pasti semakin membutuhkan pelayanan yang lebih. Begitu juga bumi kita yang sudah tua ini. Kita harus memiliki perhatian yang lebih untuk bumi kita. Yaitu dengan menjaga apa yang ada didalam bumi kita ini. Salah satunya adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Satu sampah yang anda buang di tempat sampah akan sangat berdampak baik untuk kesehatan bumi.

Jika bumi tidak dijaga kebersihannya, tidak hanya berdampak pada pencemaran lingkuangan saja. Tapi juga akan berdampak pada diri kita sendiri. Saat bumi kita sakit, kita pun bisa ikut sakit. Apa saja dampak yang akan dirasakan saat kita tidak menjaga kebersihan bumi? Berikut ini enam dampak buruk jika kita tak menjaga kebersihan bumi kita:
6 Dampak Buruk tak Menjaga Kebersihan Bumi Kita
Dampak Buruk tak Menjaga Kebersihan Bumi Kita

1. Polusi udara

Pencemaran udara sekitar memang sangat berdampak buruk pada bumi kita. Bukan hanya pada bumi, bahkan juga berdampak pada diri kita sendiri. Tahukah anda kalau udara yang tercemar bisa mengurangi umur kita? Udara yang tercemar akan terpenuhi dengan asap serta karsinogen yang bisa membunuh secara perlahan atau memperpendek usia lebih cepat. Bahkan lebih cepat daripada anda merokok.

2. Pemanasan global

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan sekarang pun jumlah pengguna sudah meningkat drastis. Sehingga menimbulkan dampak yang cukup besar bagi kesehatan bumi. Tak hanya polusi udara saja yang makin bertambah, tapi juga pemanasan global yang akan terus membara membuat bumi kita terasa semakin panas.

3. Air terkontaminasi

Tahukah anda kalau air yang terkontasminasi oleh racun bisa membuat kualitas hidup anda menjadi berkurang. Tidak hanya membahayakan bagi mansia, tapi juga bisa membahayakan kesehatan semua makhluk hidup di bumi ini.

4. Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Jika bumi kita semakin tidak sehat, sistem kekebalan tubuh manusia pun ikut mengalami penurunan dan menjadi tidak sehat. Hal ini dikemukakan sebab banyaknya penelitian yang menemukan kalau penurunan sistem kekebalan tubuh pada manusia sebagian besar disebabkan karena buruknya kualitas udara dan air sekitar.

5. Deforestasi

Deforestasi atau biasa yang dikenal dengan penggundulan hutan. Hal ini bukan hanya menyebabkan banjir saja, tapi juga bisa mengancam kehidupan para makhluk hidup lain. Menipisnya jumlah pepohonan bisa membuat para makhluk hidup khususnya hewan menjadi kehilangan tempat tinggal.

6. Penggunaan plastik

Akhir-akhir ini sedang marak-maraknya dinegara kita akan diet kantung plastik. Dan ini sangat baik sekali untuk dilakukan. Sebab plastik sangat sulit untuk diurai didalam tanah. Selain bisa mengotori lingkungan juga bisa memperburuk kesehatan tanah karena kandungan kimia didalamnya. Jika kesehatan tanah terganggu, tentu ini juga akan berdampak pada kesehatan manusia yang ikut menurun. Karena sumber pangan manusia berawal atau berasal dari dalam tanah.

Demikianlah informasi tentang 6 Dampak Buruk tak Menjaga Kebersihan Bumi Kita. Jagalah bumi kita dengan menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef