6 Cara Mudah Atasi Kecanduan Kopi

Cara mudah atasi kecanduan kopi - Kopi merupakan minuman yang paling digemari selain air putih dan teh. Bahkan bagi beberapa orang, minum kopi sudah menjadi kebiasaan yang rutin setiap harinya. Ini sebabnya kopi sangat dinikmati banyak orang terutama dikalangan remaja. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga bisa membuat seseroang menjadi lebih tenang.

Tapi tahukah anda kalau kebiasaan atau kecanduan minum kopi tidaklah baik untuk kesehatan? Jika anda memiliki kebiasaan sering minum kopi, sebaiknya mulai sekarang kurangilah. Dan kalau bisa secepatnya hindari kecanduan anda. Memang kopi baik untuk kesehatan. Tapi itu jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Kopi sendiri memiliki efek buruk yang bisa menyebabkan iritasi pada usus, peningkatan asam lambung, mual, jantung seakan terbakar, dan lain sebagianya jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk mengatasi masalah kecanduan terhadap kopi, berikut ini ada enam cara yang bisa anda coba untuk mengatasinya:

6 Cara Mudah Atasi Kecanduan Kopi
Cara Mudah Atasi Kecanduan Kopi

1. Gantikan dengans sesuatu yang kental lainnya

Biasanya seseorang yang kecanduan kopi akan tiba pada fase yang mana baru akan terasa enak bila menikmati kopi kental. Untuk mengatasi hal ini, mungkin anda bisa menggantinya dengan cokelat panas, vanila panas, susu, atau minuman kental lainnya. Namun anda harus ingat takaran yang pas, semua itu juga memiliki kada gula yang tinggi. Jadi konsumsilah sewajarnya saja.

2. Mengatur kadar kafein dalam tubuh

Coba perkirakan, berapa banyak kafein yang anda masukkan dalam tubuh setiap harinya? Jika terlalu banyak, maka mungkin akan lebih sulit untuk menghentikan kecanduan anda. Tapi jika sedikit, akan lebih mudah untuk menghentikan dan melepas ketergantungan. Batasi juga dalam proses pengurangan kadar kafein dalam tubuh. Tetaplah jaga keseimbangan kandungan kafein yang ada dalam tubuh.

3. Minum teh hijau

Jika anda mengkonsumsi kopi dalam sehari sebanyak empat cangkir kopi, maka gantilah satu cangkirnya dengan greentea. Lakukan secara bertahap yang tadinya satu cangkir greentea menjadi dua cangkir dan seterusnya hingga akhirnya anda 0 mengkonsumsi kopi. Dengan begini akan bisa membuat anda merasa lebih baik.

4. Minum banyak air

Kopi dapat mengurangi asupan air mineral dalam tubuh. Bahkan pada kasus terparah, kopi dapat mengeringkan tubuh. Sehingga anda sangat perlu untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh anda tidak kering. Disamping itu, jika anda memperbanyak air putih, tentu hasrat ingin minum kopi menjadi berkurang.

5. Olahraga

Berolahraga dapat memperlancar endorfin yang membantu untuk memperingan sakit kepala akibat kafein. Jangan memaksakan lari tiap hari jika anda sudah kecanduan kafein. Lakukan secara bertahap dengan memulai olahraga ringan tapi dilakukan secara rutin dan meningkat. Ini akan membantu mengurangi keinginan anda untuk minum kopi dalam waktu panjang.

6. Tidur siang

Sempatkanlah untuk tidur siang setiap harinya. Jika anda sedang bekerja dikantor, sempatkanlah untuk sekedar beristirahat berbaring tidak apa-apa. Ini bertujuan untuk merefresh otak. Hal ini bisa membuat anda merasa lebih tenang dan secara perlahan terhindar dari keinginan untuk minum kopi. Lakukan secara perlahan.

Demikianlah informasi tentang 6 Cara Mudah Atasi Kecanduan Kopi. Bagi anda yang kecanduan kopi, anda bisa mengatasinya dengan cara tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef