6 Efek Buruk Makanan Manis Bagi Kesehatan

Efek buruk makanan manis untuk kesehatan - Setiap orang pasti tahu kalau kebanyakan mengkonsumsi gula bisa menyebabkan berbagain masalah kesehatan, dan salah satunya adalah masalah diabetes. Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat gula ini cukup berbahaya bagi tubuh.

Berbicara tentang masalah gula, memang sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit kanker yang disebabkan oleh gula. Disisi lain, tahukah anda kalau gua ternyata juga bisa membahayakan untuk kesehatan kulit? Bukan hanya memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga memiliki efek buruk khusus untuk kesehatan kulit.

Ketika anda mengkonsumsi gula berlebihan, maka tubuh akan cepat mengonversinya menjadi glukosa yang meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Yang akhirnya menjadi inflamasi yang berpengaruh buruk bagi kesehatan kulit. Berikut ini efek beberapa efek buruk makanan manis atau gula bagi kesehatan:

5 Efek Buruk Makanan Manis Bagi Kesehatan
Efek Buruk Makanan Manis Bagi Kesehatan

1. Keriput

Mengkonsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan akan bisa menyebabkan kulit anda berkeriput. Sebab gula akan menyerap kolagen sehat pada kulit dan saat kolagen itu melemah, maka kulit akan terlihat kusam, keriput, dan kering. Kurangilah mengkonsumsi gula agar kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Kulit kering

Seperti yang disebutkan diatas, gula juga bisa menyebabkan kulit anda menjadi lebih kering. Gula akan menyerap atau menghisap air dalam sel tubuh yang sehingga menyebabkan kulit anda menjadi kering, kusam, dan bahkan bengkak.

3. Peradangan

Ketika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan, tubuh anda bisa terjadi peradangan. Peradangan tersebut bisa menyebabkan kulit anda berjerawat, mudah infeksi, serta akan terlihat memerah. Hindarilah konsumsi berlebeihan gula atau makanan manis, sebab peradangan bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.

4. Kerusakan radikal bebas

Radikal bebas atau yang biasa disebut dengan molekul penyebab peradangan dan perusak sel dalam tubuh. Radikal bebas ini bisa merusak sel-sel yang menghasilkan penuaan. Berdasarkan penelitian yang ada, makanan manis atau gula yang dikonsumsi dapat menciptakan radikal bebas dalam tubuh. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika terjadi.

5. Gula darah tidak seimbang

Gula dalam bentuk apapun dapat merubah kadar gula darah dalam tubuh. Bila anda mengkonsumsi makanan manis, kadar gula dalam tubuh akan mengalami peningkatan secara drastis. Tapi tak lama, ketika insulin dilepaskan kedalam sel, kadar gula akan darah akan turun. Hal ini akan menciptakan stres internal dalam tubuh yang menyebabkan kulit kusam dan berjerawat.

6. Menyebabkan gigi berlubang

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan manis merupakan musuh utama gigi. Ya makanan manis dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang, sakit gigi, karang gigi dan berbagai masalah gigi lainnya. Oleh sebab itu baiknya anda hindari atau kurangi dalam mengkonsumsi makanan manis.

Demikianlah informasi tentang 6 Efek Buruk Makanan Manis Bagi Kesehatan. Makanan manis memang enak dimulut, namun makanan manis tidak bauk untuk kesehatan. Semoga inormasi diatas bermanfaat. Terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef