5 Cara Jitu Atasi Kebiasaan Boros Pria Lajang

Cara jitu atasi kebiasaan boros pria lajang - Siapa sih yang tidak suka dengan belanja? Bahkan hampir semua orang menyukainya. Bukan hanya wanita saja yang suka berbelanja. Pria pun menyukai aktivitas tersebut. Bukan hanya anak remaja saja, tapi juga anak-anak dan orang tua pun banyak yang suka berbelanja.

Berbicara tentang belanja. Berbelanja memang bisa membuat hati seseorang menjadi senang dan gembira. Sebab akan segera memiliki barang atau suatu hal yang sedang diidam-idamkannya. Namun, dalam berbelanja harus ada aturannya. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebih atau yang disebut dengan pemborosan. Jika dibiarkan malah akan menghancurkan sistem keuangan yang ada. Banyak kerugian yang akan dialami jika terjadi pemborosan di masa kini. Mungkin sekarang belum terasa, tapi nanti di masa yang akan datang baru akan merasakan dampak dari pemborosan. Anda jadi tidak memiliki uang tabungan atau uang untuk membangun kehidupan anda di masa depan.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar tidak terjadi pemborosan? Apakah harus menabungkan semua uangnya? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak terjadi pemborosan. Nah, berikut ini beberapa cara jitu untuk atasi kebiasaan boros yang biasa dilakukan pria lajang:
5 Cara Jitu Atasi Kebiasaan Boros Pria Lajang
cara Jitu Atasi Kebiasaan Boros Pria Lajang

1. Ganti kebiasaan lama

Jika anda ingin menghilangkan kebiasaan boros yang biasa anda lakukan, ya anda harus bisa berubah. Merubah kebiasaan lama yang merugikan dengan kebiasaan baru yang lebih menguntung. Bagaimana caranya? Misal, dulu anda sering atau suka minum kopi di kafe yang harganya mahal, kini saatnya anda beralih dengan menyeduh kopi sendiri dirumah. Mungkin akan terlihat sangat berbeda. Namun anda harus melakukannya untuk perubahan yang lebih baik. Lakukan secara perlahan.

2. Susun anggaran

Jika anda selalu melakukan pemborosan, itu akan menimbulkan masalah pada anggaran keuangan anda. Anggaran akan menjadi sistematis yang dimana keuangan tidak bisa berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Susun ulang lagi anggaran anda jika ingin menghentikan pemborosan. Terapkanlah berbagai macam kebijakan didalamnya agar pemborosan cepat selesai. Dalam menyusun anggaran pun harus dengan benar dan jangan memasukkan sejumlah penghematan yang mungkin mustahil dilakukan. Jika sudah, kini saatnya anda menerapkannya. Sedikit demi sedikit. Sebab tidak ada yang instan dalam perubahan.

3. Berhemat

Jika ingin terbebas dari pemborosan, jangan melakukan penghematan ekstrim dalam keuangan anda. Hal itu akan membuat anda merasa kesulitan atau bahkan mustahil melakukannya. Buatlah rencana penghematan mulai dari kecil. Step by step. Lakukan perlahan tapi pasti. Ini akan lebih mudah menjauhkan anda dari pemborosan.

4. Buat catatan

Sangat perlu bagi anda untuk membuat catatan harian pengeluaran dan pemasukan. Setiap kali anda mengeluarkan uang, catatlah pengeluaran tersebut. Uang yang anda keluarkan untuk apa saja. Lalu catatlah pemasukkan yang ada dari mana saja dan berapa. Setelah itu, bandingkan antara pengeluaran dan pemasukkan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

5. Hitung pengeluaran setiap akhir pekan

Semua orang pasti memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangan. Apapun cara yang digunakannya, yang perlu diingat adalah harus tetap melakukan pengawasan dalam setiap pengeluaran. Luangkanlah waktu anda di akhir pekan untuk menghitung dan mengawasi pos pengeluaran yang telah dilakukan. Hal ini akan membuat anda lebih mudah mengontrol keuangan dengan baik. 

Demikianlah informasi tentang 5 Cara Jitu Atasi Kebiasaan Boros Pria Lajang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef