5 Cara Cerdas Atasi Nyeri Haid

Cara cerdas atasi nyeri haid - Haid atau yang biasa disebut dengan menstruasi atau datang bulan, ini adalah suatu peristiwa bulanan yang dialami oleh wanita. Ketika haid ini datang, biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri sendiri, salah satunya adalah nyeri yang tak kunjung henti.

Berbicara tentang nnyeri saat haid, nyeri ini biasanya disebabkan karena dinding rahim yang mengalami kontraksi yang membuat pembuluh darah terjepit yang akhirnya terjadi iksemi jaringan. Sehingga perut terasa nyeri, punggung kaku dan sakit, serta badan meriang. Rasa nyeri ini hampir selalu dirasakan setiap kali masa haid tiba.

Memang rasa nyeri ini bermacam-macam. Ada yang hanya terasa biasa saja atau tidak terlalu sakit, dan ada juga yang sangat parah dan terasa sangat sakit. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara cerdas berikut ini yang bisa anda coba untuk mengatasi nyeri haid:
5 Cara Cerdas Atasi Nyeri Haid
Cara Cerdas Atasi Nyeri Haid

1. Kompres Hangat

Untuk mengatasi nyeri, anda bisa melakukannya dengan mengkompres perut anda dengan air hangat. Untuk caranya, yang perlu disiapkan adalah air hangat dan handuk. Celupkan handuk pada air hangat lalu kompreskan pada perut yang nyeri. Namun jika anda tidak ingin perut anda basah, anda bisa menggunakan botol bersih yang diisi dengan air hangat lalu letakkan diatas perut anda.

2. Minum kunyit asam

Kunyit asam memang memiliki manfaat yang sangat luar baiasa untuk kesehatan. Dan kunyit asam pun bisa mengatasi masalah perut yang nyeri saat haid. Anda bisa membuat minuman pereda nyeri hadi dengan kunyit asam. Akan memberikan manfaat lebih baik jika anda mnyeduh kunyit asam dengan air panas dan diminum selagi masih hangat.

3. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Biasanya nyeri dan rasa lemas saat haid itu juga disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Untuk mengatasinya, anda bisa memilih makanan yang mengandung zat besi untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan makanan yang kaya akan kandungan zat besinya diantaranya pada hati ayam, sayur bayam, dan masih banyak lagi.

4. Istirahat cukup

Cara yang paling mudah dan tidak mengeluarkan banyak tenaga ataupun biaya untuk mengatasi nyeri haid, adalah dengan istirahat yang cukup. Dalam hal ini, anda bisa beristirahat dengan tidur posisi miring. Di sela-sela istirahat ini, anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana untuk meminimalisir rasa sakit nyeri pada perut.

5. Hindari memakai pakaian ketat

Yang perlu anda lakukan agar rasa nyeri yang anda rasakan tidak menjadi-jadi atau tidak bertambah sakit, hindari memakai pakaian ketat. Pakaian yang ketat justru bisa membuat rasa nyeri pada perut anda akan semakin parah. Dan kulit pun akan lebih mudah mengalami selulit. Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman agar nyeri yang anda rasakan tidak terlalu berlebihan. 

Demikianlah informasi tentang 5 Cara Cerdas Atasi Nyeri Haid. Atasi nyeri haid anda dengan kelima cara diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef