4 Tips Hadapi Gosip di Tempat Kerja

Tips hadapi gosip di tempat kerja - Memang kehidupan tak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Sampai kapanpun masalah pasti akan datang silih berganti. Dari kecil hingga besar. Bagi yang tidak bisa menanganinya dengan baik pasti akan kalah atau hancur dengan sendirinya.

Berbicara tentang masalah, tidak hanya di kehidupan pribadi dan rumah tangga saja. Tapi juga kehidupan di dunia pekerjaan atau di kantor. Masalah di kantor seperti rekan kerja yang jail, atasan yang kejam, dan pekerjaan yang membingungkan. Jika anda menghadapi hal tersebut pasti ada rasa ingin putus asa meski sedikit.

Berbicara tentang masalah kehidupan, bayangkan bagaimana jika kedua masalah antara kehidupan pribadi dengan kehidupan di kantor bercampur jadi satu. Ya, berawal dari masalah pribadi, lalu dibuat omongan atau gosip di kantor. Pasti anda akan menjadi sorotan dari semua rekan kerja dan juga atasan. Jika anda tak bisa menghadapi dengan baik, bukan hanya karir anda saja yang akan hancur, tapi juga kemungkinan reputasi profesional anda dan kehidupan luar kantor ikut hancur.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Nah, jika anda menjumpai rekan kerja anda sering menggosip tentang anda, berikut ini empat tips untuk menghadapinya dengan baik:

4 Tips Hadapi Gosip di Tempat Kerja
Tips Hadapi Gosip di Tempat Kerja

1. Menganggap hanya angin lalu

Mungkin anda sudah tahu kata-kata bijak seperti 'diam itu ibarat emas yang sangat berharga'. Nah, sekarang coba anda praktekkan di kehidupan anda, yaitu di kantor maupun di luar kantor. Ketika rekan kantor anda sering menggosip tentang anda, biarkan gosip itu berlalu dengan sendirinya. Jangan dipedulikan dan anggaplah sebagai angin lewat.

2. Bicara langsung dengan sumber

Jika anda menjumpai rekan kerja menggosip tentang anda, cobalah cari tahu apa penyebabnya. Anda tidak perlu langsung emosi dan marah-marah. Carilah langsung dari sumbernya dan bicarakan baik-baik tentang maksud tersebut. Ajaklah dia bicara empat mata dan tanyakan alasan dia menyebar gosip serta klarifikasikan faktanya. Jangan berbicara dengan emosional yang tak terkontrol.

3. Klarifikasi atau laporan ke HR

Jika memang anda merasa isu-isu yang digosipkan itu tidak sesuai fakta, maka mintalah pada pihak HR untuk menjadi penengah untuk membantu anda. Di beberapa perusahaan ada peraturan implisit yang melarang komunikasi bersifat negatif antar kolage untuk mencegah terjadinya konflik internal. Jangan langsung main hakim sendiri ya.

4. Jadikan kesempatan intropeksi diri

Cobalah lihat pada diri anda. Apakah yang digosipkan itu memang benar? Dengan adanya gosip ini anda bisa memanfaatkan untuk intropeksi diri sendiri. Mungkin saja anda memang memiliki kesalahan seperti yang digosipkan rekan kerja. Atau mungkin saja anda memiliki kesalahan yang mirip. Anda bisa intropeksi diri mengapa gosip ini bisa muncul.

Demikianlah informasi tentang 4 Tips Hadapi Gosip di Tempat Kerja. Jika anda mengalami gosip di tempat kerja, baiknya anda lakukan tips diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef