10 Cara Atasi Anak yang Sulit Makan

Cara atasi anak yang sulit makan - Pernahkah anda menjumpai buah hati anda susah makan? Mungkin sering ya. Ketika anda memberi si kecil makan, dia lebih sering menolak untuk tidak makan. Kalaupun menerima hanya makan sedikit saja. Apa yang menjadi penyebabnya?

Hilangnya nafsu makan si kecil bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satuny adalah karena bosan terhadap tekstur makanan yang hanya itu-itu saja. Oleh sebab itu anda perlu untuk memberinya makanan yang bisa membuatnya tertarik. Dan anda juga perlu memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang anda berikan pada si buah hati untuk membuat kesehatannya tetap terjaga.

Untuk membuat nafsu makan si kecil meningkat, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Ya, cara ini untuk mengatasi sulitnya si kecil untuk makan. Berikut ini sepuluh cara untuk mengatasi si kecil yang sulit makan:

10 Cara Atasi Anak yang Sulit Makan
Cara Atasi Anak yang Sulit Makan

1. Perhatikan reaksi anak ketika makan

Perhatikanlah bagaimana reaksi anak ketika makan. Dengan memperhatikan, anda bisa mencari cara yang tepat untuk si kecil. Misal, si kecil sering muntah ketika makan. Apa penyebabnya? mungkin terlalu banyak makanan, terlalu cepat makannya, tidak menyukai tekstur, atau lain sebagainya. Jika anda tahu itu penyebabnya, maka hindari hal itu pada sikecil. Jangan makan sambil berlari-lari, posisikan makan dalam keadaan tenang, porsi makan secukupnya, dan juga perhatikan ukuran makanan yang masuk.

2. Buatlah jadwal makan yang teratur

Berikanlah makan si kecil 3 kali sehari dan cemilan 2-3 kali sehari. Anda bisa memberikan cemilan pada si kecil diantara waktu makan kurang lebih 2-3 jam. Yaitu diantara makan pagi dan siang, siang dan malam, atau tambahan sebelum tidur. Pengaturan jadwal makan yang teratur akan membantu si buah hati makan ketika ia benar-benar merasa lapar dan mengurangi kebiasaan ngemil.

3. Perhatikan kondisi anak

Jika anda ingin memberinya makan, pastikan si kecil sedang dalam keadaan lapar, tidak terlalu lelah, dan tidak mengantuk. Hindari pemberian makanan kecil pada si kecil 2 jam sebelum waktu makan besar tiba. Perhatikan kondisi anak dan jangan sampai salah memberikan makanan dan salah mengatur waktu.

4. Kurangi pengalih perhatian ketika makan

Buatlah suasana makan si kecil menjadi tenang. Jauhkan dari saudaranya yang sedang bermain atau sedang menonton televisi. Hal ini akan membuat perhatian si kecil terhadap makanan menjadi berkurang. Buatlah suasana yang tenang agar si kecil bisa fokus menyelesaikan makanannya.

5. Mulai ajarkan tata krama ketika makan

Memang anak lebih suka makan sambil bermain, berlari, atau juga sambil menonton televisi. Tapi ketahuilah kebiasaan itu kurang baik untuk si kecil. Biasalan untuk mengajarkan tata krama ketika makan. Biasakan si kecil untuk duduk di kursi ketika makan. Kebiasaan ini akan bisa menanmkan kedisiplinan hingga masa tua nanti. Dan kebiasaan ini juga bisa mencegah resiko tersedak dan muntah.

6. Jika anak bermain-main dengan alat makan, diamkan saja dan jangan berlebihan

Biasanya si kecil ketika bermain dengan suatu mainan lalu tak mendapat perhatian, ia akan menghentikan permainannya. Tapi jika mendapat perhatian akan selalu memainkan. Jika anak anda bermain-main dengan alat makan, diamkan saja dan jangan bereaksi berlebihan. Berikan perhatian positif kepadanya.

7. Jangan memarahi atau melarang anak jika ia menginginkan jenis makanan tertentu

Jika anak anda menginginkan makanan tertentu yang ia sukai, jangan melarangnya. Hal ini justru bisa memperburuk nafsu makan dan pola makannya. Biarkan dia mendapatkan makanan yang ia suka. Tapi anda juga harus tetap ingat, perhatikan kandungan gizi yang ada didalam makanan tersebut. Berikan makanan sehat yang ia inginkan agar nafsu makannya bisa bertambah.

8. Berikan porsi makan yang sesuai

Dalam memberinya makanan pun harus sesuai prosi yang pas. Untuk anak usia 1-3 tahun umumnya yaitu 1/4 porsi dewasa. Dan untuk daging, ukuran sajiannya adalah seukuran telapak tangannya. Sedangkan untuk sayuran, ukurannya adalah 1-2 sendok makan. Aturlah porsi makan agar bisa sesuai dan pas dengan yang dibutuhkan anak.

9. Coba makanan baru satu per satu dalam jumlah kecil

Jika anda ingin memberikan makanan baru kepada si kecil. Lakukanlah secara bertahap. Jangan memberikan makanan baru semua secara seketika. Ini akan membuat si kecil kaget dan merasa asing dengan makanan tersebut. Akhirnya kemungkinan si kecil akan menolak untuk makan.

10. Bersikaplah fleksibel

Sama halnya dengan orang dewasa. Anak juga memiliki rasa bosan terhadap satu jenis makanan. Jika hanya itu-itu saja makanan yang dimakan, anak akan merasa bosan. Dia akan melakukan penolakan secara verbal. Sehingga cenderung diam, pergi, atau melakukan tindakan lain yang membuat anda gusar. Dan juga ketika giginya tumbuh, biasanya si kecil juga akan melakukan penolakan terhadap makanan. Jangan lupa juga berikan pujian jika si kecil bersahil makan sendiri dengan baik. Ini untuk meningkatkian keinginannya makan.

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Atasi Anak yang Sulit Makan. Jika anak anda sulit makan, anda bisa menerapkan kesepuluh cara diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef