Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan Sayuran

Tips ampuh agar anak mau makan sayuran - Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Baik itu yang terbaik untuk fisiknya maupun mentalnya. Karena peran orang tua sangatlah penting bagi kehidupan sang anak.

Berbicara tentang kepedulian orang tua terhadap anak, tentu ingin memberikan nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk pertumbuhannya. Tapi mengapa anak cenderung tidak mau mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber dari segala nutrisi? Faktor penyebabnya bermacam-macam. Entah itu karena tidak terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut hingga faktor orang tua yang tidak pernah menyediakan sejak dini.

Untuk membuat anak agar suka dengan makanan sayur, tentu yang perlu dilakukan adalah sejak dini selalu diperkenalkan tentang makanan berbau sayur dan buah. Doronglah sejak kecil untuk makan makanan sayur dan buah. Ini akan membuat anak merasa terbiasa. Untuk cara lainnya, berikut ini tips ampuh agar anak mau makan sayuran:
Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan Sayuran
Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan Sayuran

1. Sajikan makanan favorit anak anda

Cobalah cari tahu apa saja makanan favorit sang anak. Setelah anda tahu semuanya, sajikan makanan favorit tersebut untuk anak anda lebih sering. Namun anda harus ingat, gantilah beberapa bahannya dengan sayuran dan buah-buahan. Atau anda bisa menyelipkan sayuran dan buah-buahan pada makanan favorit sang anak tersebut. Anda bisa menambahkan sayuran pada smoothie, kue, pizza, lasagna, dan bahkan es krim. Dengan begitu anak akan terbiasa dan semakin suka makan sayuran.

2. Ajak anak anda untuk menyiapkan makanan

Anda bisa mengajaknya untuk membeli bahan-bahan untuk dimasak, khususnya sayuran. Biarkan dia memilih sayuran mana yang dia suka. Dan ketika memasak dirumah, biarkan dia membantu untuk mencuci sayuran yang akan dimasak atau membantu lainnya saat memasak. Dengan begini, anak akan lebih sering bertemu sayuran dan akan terbiasa lalu suka mengkonsumsi sayuran.

3. Tawarkan mereka macam-macam sayuran

Mungkin pada awalnya, anak anda merasa tidak suka dengan sayuran. Dia selalu menolaknya ketika ada sajian makanan berbahan sayur di meja makan. Meski begitu, bukan berarti anda berhenti menyajikan makanan sayuran. Anda tetap selalu menyajikan namun sajikan makanan dengan sayuran yang bermacam-macam. Jika anak terbiasa hal ini, pasti secara perlahan akan suka dengan sayuran.

4. Beri contoh yang baik

Berilah contoh yang baik pada anak anda. Misalnya, anda menyuruhnya untuk makan sayuran, tapi anda sendiri juga harus memakannya didepan sang anak. Lakukan hal ini terus menerus. Jika anak terbiasa melihat anda makan sayuran, ia pasti akan meniru kebiasaan anda yang sering makan sayuran.

5. Buat waktu makan menjadi menyenangkan

Buatlah waktu makan menajdi lebih menyenangkan bagi sang anak. Misalnya buat kejutan yang membuat anak senang. Entah itu menyiapkan makanan favoritnya dengan yang lebih spesial. Lalu anda jangan pernah memaksanya untuk makan makanan yang tidak disukanya, termasuk sayur. Hanya saja anda memberikan contoh kalau anda juga makan sayur. Jangan jadikan waktu makan menjadi waktu yang mengerikan.

Demikianlah informasi tentang Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan Sayuran. Sayuran sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, namun kebanyakan anak tidak menyukai sayuran. Semoga dengan tips diatas dapat membuat si kecil mau mengkonsumsi sayuran. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef