Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Menggunakan Lensa Kontak

Hal yang tidak boleh anda lakukan saat menggunakan lensa kontak - Lensa kontak, mungkin jika dilihat secara kasat mata bisa merubah tampilan seseorang menjadi lebih cantik, lebih keren, dan lebih menarik. Namun tahukah anda jika menggunakan lensa kontak ternyata merupakan suatu hal yang mengerikan?

Ketika anda memakai lensa kontak, secara tidak sadar anda menaruh benda asing pada lapisan terluar jaringan mata. Jadi sangat perlu bagi anda untuk memperhatikan higienisnya lensa kontak yang digunakan. Sebab jika tidak diperhatikan dan asal pasang, ini akan bisa berbahaya. Bisa berkaibat iritasi mata hingga kebutaan pada mata si pengguna lensa.

Nah, agar tidak terjadi hal berbahaya pada mata anda ketika memakai lensa kontak, anda harus memperhatikan beberapa hal. Ya, berikut ini ada tips dari Dr. Scott MacRae, M.D. Seorang professor opthalmology dan visual science dari Universitas of Rochester. Dr. Scott mengatakan ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan saat menggunakan lensa kontak:

Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Menggunakan Lensa Kontak
Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Menggunakan Lensa Kontak

1. Menggosok-gosok mata

Apakah anda memiliki kebiasaan mengosok-gosok mata? Jika iya, maka tidak disarankan bagi anda untuk mengginakan lensa mata. Sebab ketika mengosok mata, beberapa bakteri akan bisa melompat dan berpindah ke mata. Hal ini bisa menyebabkan mata keratoconus. Yaitu kondisi dimana kornea yang tadinya melingkar akan berubah menjadi kerucut. Akibatnya mata tidak bisa memfokuskan pandangan dengan benar.

2. Menangani lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu

Perlu anda perhatikan jika anda ingin menyentuh lensa kontak. Yang paling utama adalah anda harus membersihkan tangan anda terlebih dahulu. Jika tidak dibersihkan maka tangan akan mentransfer bakteri ke mata. Ini akan menyebabkan bahaya pada mata. Maka harus bagi anda untuk mencuci tangan sebelum menyentuh lensa.

3. Tidur dengan menggunakan lensa kontak

Jika anda memakai lensa kontak, jangan sampai anda membawanya tidur. Ini akan sangat berbahaya pada kesehatan mata anda. Lepaslah terlebih dahulu sebelum anda beranjak tidur. Jika anda memaksa untuk melakukannya, maka resiko kebutaan pada mata akan lebih besar dan berkali lipat terjadi. Perhatikan hal itu sebelum memilih memasang lensa.

4. Menggunakan cairan solution kembali atau meninggalkan cairan solution di wadah lensa

Contact lens solution merupakan suatu desinfektan yang bisa dibilang cukup efektif. Namun jika anda meninggalkannya berceceran dan tidak pada tempat yang steril, ini akan menyebabkan desinfektan menjadi kebanjiran bakteri. Padahal desinfektan itu sendiri berguna untuk membunuh kuman, jika desinfektan tercampur banyak bakteri maka malah akan membuat semakin parah. Begitu pula memakai cairan solution kembali, ini merupakan hal yang dilarang. Sebab bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat.

5. Ada setitik makeup yang muncrat ke lensa

Mungkin hal ini sering terjadi pada pengguna lensa yang tidak bisa lepas dari makeup. Jika anda memakai lensa kontak dan juga sedang mengaplikasikan eyeliner, anda harus berhati-hati dan jangan sampai terkena lensa kontak, maka akan berbahaya pada mata. Bersihkan dan desinfeksi dengan cairan solution.

6. Meninggalkan keadaan lensa dalam keadaan lembap

Bakteri sangat suka dengan tempat yang lembap. Jika anda meletakkan dan meninggalkan lensa dalam suasana yang lembap, ini dapat menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang pada lensa. Jadi, jangan pernah lupa untuk mengeringkan lensa kontak anda. Ini dapat mencegah 50% dari resiko infeksi mata.

7. Tidak membersihkan wadah lensa kontak

Untuk mengeringkan saja tidaklah cukup. Anda juga harus membersihkan wadah dari lensa kontak. Anda bisa membersihkan wadah lensa dengan air bersih dan sabun. Bersihkanlah seminggu sekali agar tidak ada bakteri yang berkembang biak pada wadah dan lensa anda.

8. Mandi, berenang, atau menyelam dengan lensa kontak

Hindarilah penggunaan lensa kontak ketika anda akan mandi, berenang, menyelam, atau aktivitas sejenisnya ang kontak langsung dengan air. Ini akan sangat berbahaya pada kesehatan mata anda. Bahkan akan beresiko buruk pada mata. Air mengandung bakteri dan amuba yang dapat menghancurkan mata dan menghilangkan kesterilan lensa kontak. Bahkan pengguna pun bisa terkena penyakit acanthamoeba keraritis yang menyebabkan berkurangnya kemampuan melihat hingga buta.

Demikianlah informasi tentang Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Menggunakan Lensa Kontak. Baca juga bahaya lensa kontak bagi kesehatan mata. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef