Hal yang Harus Dihindari Setelah Melakukan Operasi Sesar

Hal yang harus dihindari setelah melakukan operasi sesar - Dalam dunia medis, ada dua cara dalam melahirkan keturunan atau bayi, yaitu dengan cara alami dan dengan cara operasi sesar. Apa perbedaan antara kedua cara tersebut? Perbedaan antara cara alami dengan operasi sesar sebenarnya sangatlah berlawanan.

Mungkin melahirkan dengan cara alami anda akan lebih merasakan sakit yang luar biasa, namun proses penyembuhannya lebih cepat. Berbeda dengan operasi sesar. Melahirkan dengan operasi sesar anda tidak akan terasa begitu menyakitkan karena ada obat bius penahan rasa sakit. Namun anda baru akan merasakan kesakitan setelah melahirkan atau setelah obat bius itu habis. Kedua pilihan itu tergantu anda sendiri yang akan menentukan menggunakan cara apa saat melahirkan. Namun tetap direkomendasikan dengan cara alami jika tak ada masalah dalam kandungan.

Jika anda memilih dengan cara operasi sesar, ada beberapa hal yang harus anda hindari setelah melakukan operasi sesar tersebut. Perhatikan hal berikut ini yang harus anda hindari setelah melakukan operasi sesar:
Hal yang Harus Dihindari Setelah Melakukan Operasi Sesar
Hal yang Harus Dihindari Setelah Melakukan Operasi Sesar

1. Hindari dehidrasi

Jangan sampai anda mengalami dehidrasi setelah melakukan operasi sesar. Hal ini akan bisa menyebabkan anda meraskan cepat lelah. Bukan hanya itu, dehidrasi juga akan membuat anda mudah terkena sembelit. Padahal sembelit sangat cenderung meningkatkan tekanan di perut bagian bawah. Jika tekanan itu semakin besar akan dapat meningkatkan rasa sakit perut anda bekas sesar.

2. Hindari mengangkat beban berat

Hindarilah pengangkatan beban berat selama beberapa minggu setelah anda melakukan operasi sesar. Sebab hal ini bisa mengganggu jahitan operasi. Jika dipaksakan mengangkat beban berat akan bisa berakibat pendarahan pada bekar jahitan tersebut.

3. Hindari konsumsi makanan pedas

Jangan sampai berlebihan mengkonsumsi makanan pedas. Lebih baik hindari selama beberapa minggu setelah operasi sesar. Sebab setelah operasi sesar berlangsung disarankan untuk mengkonsumsi makanan bersih. Makanan pedas bisa menyebabkan masalah pencernaan yang dapat mempengaruhi proses pemulihan setelah operasi.

4. Hindari naik tangga

Setelah melakukan operasi sesar dalam melahirkan, sebaiknya hindarilah tangga untuk beberapa minggu. Sebab jika naik tangga akan mengeluarkan banyak tenaga yang dapat memperburuk luka bekas operasi dan juga akan menyebabkan pendarahan.

5. Hindari hubungan badan

Di minggu-minggu pertama setelah operasi sesar sebaiknya anda menghindari berhubungan badan dengan suami. Sebab penetrasi yang terjadi akan dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Maka, hindarilah untuk beberapa minggu demi kelangsungan penyembuhan.

6. hindari batuk

Memang penyakit tidak bisa dihindari. Tapi anda bisa mencegah dengan menjaga kesehatan anda. Gangguan seperti batuk yang perlu anda hindari setelah operasi sesar. Batuk dapat menyebabkan getaran yang bisa memberikan dampak langsung pada luka operasi sesar.

7. Hindari mandi terlalu lama

Beberapa hari pertama wajib bagi anda untuk menghindari mandi terlalu lama. Sebab mandi terlalu lama setelah operasi sesar dapat menyebabkan infeksi. Bahkan setelah operasi pun tidak disarankan untuk langsung mandi. Sebaiknya bersihkan saja tubuh anda dengan tisu basah selama beberap hari pertama.

Demikianlah informasi tentang Hal yang Harus Dihindari Setelah Melakukan Operasi Sesar. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef