9 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Terkena Serangan Jantung

Hal yang harus anda perhatikan saat terkena serangan jantung.  Jantung adalah salah satu organ yang memiliki peranan penting bagi tubuh. Jika kesehatan jantung terganggu, tentu kesehatan tubuh akan ikut menurun. Sebab itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengapa jantung bisa terserang penyakit? Apa penyebabnya? Pada umumny jantung terganggu kesehatannya disebabkan karena kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat. Ya, pola hidup kurang sehat yang diterapkan akan membuat fungsi jantung menjadi melemah dan terganggu. Bukan hanya itu, pola makan yang tidak teratur dan makan makanan sembarang juga bisa menjadi pemicu datangnya penyakit jantung. Lalu bagaimana jika jantung sudah terlanjur terkena penyakit atau serangan jantung?

Jika jantung sudah benar-benar terserang penyakit, yang paling utama dilakukan adalah memperbaiki pola hidup dan pola makan agar bisa lebih sehat dan teratur. Selain itu, anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini mengenai jantung jika sudah terlanjur terkena serangan jantung:
9 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Terkena Serangan Jantung
Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Terkena Serangan Jantung

1. Jangan mengabaikan gejala

Disaat anda berada di masa pemulihan, itu adalah masa dimana anda memiliki kesempatan besar untuk sembuh. Sebab itu tidak boleh mengabaikang gejala apapun pada tubuh anda. Jika terjadi gejala seperti kelelahan ekstrim, nyeri dada,  keringat berlebihan, kaki bengkak, dan lain sebagainya, segeralah untuk konsultasi dokter. Karena bisa saja itu peringatan serangan jantung yang bisa berakibat fatal.

2. Hindari gula

Hindarilah semua jenis makanan yang memiliki kandungan gula seperti kue, cokelat, dan permen. Hal ini disebabkan karena makanan yang tinggi gula dapat  meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan menggumpalnya darah dalam tubuh.

3. Menghindari garam.

Pastikan anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi garam dan melebihi takaran pada umumnya. The American Heart Association sangat merekomendasikan orang yang memiliki risiko serangan jantung harus membatasi konsumsi garam per hari di bawah 1.500 mg. Jadi, hindarilah konsumsi garam berlebihan agar kesehatan jantung bisa terjada.

4. Hndari kolesterol

Kolesterol darah pada tubuh seseorang berseiko tinggi terkena serangan jantung. Para ahli mengatakan bahwa  kadar kolesterol darah pada orang-orang beresiko serangan jantung harus dibawah 180 mg/dL. Jadi, hindarilah berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol seperti mentega dan daging merah. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kadar kolesterol tubuh anda.

5. Hindari lemak jenih

Berbagai macam makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh perlu harus anda hindari. Hal ini disebabkan karena  lemak jenuh membentuk lapisan pada dinding arteri dan mencegah aliran darah ke jantung. Sehingga jika anda selalu mengkonsumsi lemak jenuh akan menyebabkan jantung anda bermasalah.

6.Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu aktivitas atau kebiasaan yang dapat membahayakan tubuh. Bukan hanya perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Kebiasaan ini akan langsung mempengaruhi aliran darah ke jantung dan arteri menjadi mengental. Sebab itu sangat direkomendasikan bagi anda yang terkena penyakit jantung untuk berhenti merokok.

7. Buat pelatihan fisik khusus

Buatlah rencana aktivitas fisik anda  dengan tujuan menjaga kesehatan jantung. Mulailah untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin 30 menit dalam sehari. Anda bisa melakukan aktivitas berjalan rutin, bersepeda, atau berenang. Cara ini dapat membuat jantung lebih sehat.

8. Hindari kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan juga bisa menjadi penyebab jantung anda bermasalah. Ya, obesitas adalah salah satu pemicu utama serangan jantung. Jadi, hindarilah mengkonsumsi makanan berlebihan. Jada berat badan anda agar tetap ideal dan normal.

9. Jangan mengabaikan kondisi kesehatan

Gangguan lainnya seperti diabetes, hipertensi, hipotiroidisme, dan depresi juga merupakan penyebab serangan jantung. Jika anda mengalami gangguan tubuh seperti empat hal tadi, maka segeralah untuk melakukan tindakan, yaitu dengan pengobatan dan merubah gaya hidup yang lebih baik dan lebih sehat.

Demikianlah informasi tentang 9 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Terkena Serangan Jantung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef