5 Tembok Raksasa Nan Megah Saksi Sejarah

Tembok raksasa nan megah saksi sejarah - Ketika mendengar kata tembok besar China dan tembok Berlin, apa yang anda pikirkan? Pasti ingin tahu secara langsung seperti apa kedua tembok tersebut. Ya, bagaimana tidak, peninggalan yang sangat penting itu memang menggungah keinginan untuk datang ke sana.

Tembok besar China dan tembok Berlin memag merupakan suatu peninggalan sejarah arsitektur terpenting dalam peradaban manusia. Bukan hanya kebesaran dan kemegahan dari tembok yang menjadikan peninggalan tembok ini berharga. Namun juga nilai sejarah yang terkandung didalamnya sagat penting untuk dipelajari bagi umat manusia masa sekarang dan masa yang akan datang.

Namun tahukah anda kalau sebenarnya ada juga peninggalan tembok besar lainnya yang juga menyimpan nilai sejarah serupa? Berikut ini lima tembok raksasa yang sangat megah dan merupakan saksi sejarah peradaban manusia:

1. Tembok besar China

5 Tembok Raksasa Nan Megah Saksi Sejarah
Tembok besar China

Tembok besar China ini dibangun Rakyat dulunya merupakan benteng untuk mencegah invasi bangsa nomaden dari utara. Tembok ini didirikan atas perintah Kaisar Qin Shi Huang yaitu pada abad 3. Tembok ini dibangun dengan susunan batu, kayu, dan barikade tanah yang jauhnya beribu-ribu mil. Membentang dari Gurun Gobi hingga ke perbatasan Korea Utara. Tembok China merupakan struktur terbesar yang pernah dibuat oleh manusia hingga masuk jajaran 7 keajaiban dunia.

2. Tembok Berlin

5 Tembok Raksasa Nan Megah Saksi Sejarah
Tembok Berlin

Tembok berlin adalah salah satu tembok yang sempat menjadi saksi bisu perselisihan Jerman Barat dengan Jerman Timur sejak tahun 1961. Tembok ini didirikan oleh pemerintah Jerman Timur untuk mencegah bangsa lain memasuki negaranya. Namun tujuan sebenarnya adalah untuk mencegah warga Jerman Timur menyeberang ke Jerman Barat. Sebelum tembik ini dirobohkan pada 9 November 1989, tembok ini sempat berdiri selama 28 tahun. Runtuhnya tembok ini sebagai tanda bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur.

3. Tembok Konstantinopel

5 Tembok Raksasa Nan Megah Saksi Sejarah
Tembok Konstantinopel

Tembok Konstantinopel dibangun di Istanbul dengantujuan untuk mencegah bangsa lain yang mengincar Kota tersebut. Tembok ini dibangun mengelilingi kota Istanbul. Yang paling tersohor pada tembok itu adalah tembok Theodosin yang dilengkapi dengan parit dengan dinding luar 27 kaki serta dinding dalam 40 kaki. Dinding ini akhirnya bisa mengusir sejumlah penakluk, salah satunya Attil Sang Hun. Namun akhirny kekaisaran Byzantium diruntuhkan oleh Turki.

4. Tembok Hadrian

5 Tembok Raksasa Nan Megah Saksi Sejarah
Tembok Hadrian

Tembok Hadrian merupakan tembok yang menjadi saksi bisu masa kejayaan bangsa romawi. Tembok ini membentang dari laut Irlandia hingga laut utara. Tembok inilah yang menjadi salah satu bukti kekuasaan Romawi selama 6 abat di Inggris. Bangsa Romawi membangun tembok ini atas perintah Kaisar Hadrians pada tahun 122 M untuk melindungi koloni di wilayah inggris dari bangsa barbar. Di tahun 140 sempat diterlantarkan dan diganti fungsinya oleh tembok Antoine. Namun tembok Hadrian tetap bertahan sebagai banteng terkuat Inggris. Tembok ini terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1987.

5. Tembok Ratapan

5 Tembok Raksasa Nan Megah Saksi Sejarah
Tembok Ratapan

Tembok Ratapan atau tembok barat ini merupakan situs religius terpenting bangsa Yahudi di seluruh dunia. Situs ini sempat menjadi sengketa antara Palestina dan Israel. Sebab letak Tembok Ratapan dulunya menjadi daerah kekuasaan kaum Muslim. Namun kini jatuh ke tangan Israel. Sering sekali terjadi insiden berdarah yang melibatkan tembok tersebut, salah satunya ketika pria ditembak mati oleh tentara israel sebab diduga menjalani ritual islam didekat tembok Ratapan. Sangat mengerikan bukan?

Demikianlah informasi tentang tembok raksasa yang menjadi saksi sejarah. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef